Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Rizal Oktafasa

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktafasa, Rizal. 2013. Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Hari Santoso, S.Sos, (2) Dr. Nurchasanah, M.Pd

 

Kata Kunci: Koleksi, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

 

Pengembangan koleksi merupakan prioritas utama di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pemilihan koleksi merupakan kunci pengembangan koleksi. Dalam pengembangan koleksi diperlukan kerjasama yang baik antara pemustaka dan pustakawan. Untuk itu, pola komunikasi yang efisien dan efektif perlu dikembangkan sehingga pertukaran informasi antara kedua belah pihak dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Tujuan utama pengembangan koleksi adalah membangun koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendayagunakannya secara optimal. Dalam melakukan pengembangan koleksi, pustakawan harus mengetahui betul tujuan perpustakaan yang dikelolanya serta masyarakat yang dilayaninya.

Pelaksanaan pengembangan koleksi perpustakaan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi pengembangan koleksi perpustakaan adalah masyarakat/pemakai yang dilayani, koleksi yang telah ada serta sumber daya yang tersedia, baik sumber daya manusia, sumber dana serta fasilitas fisik lainnya. Faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan koleksi antara lain keadaan ekonomi dan dukungan finansial, lingkungan akademis serta perilaku pemakai.

Kendala-kendala yang dihadapi Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam melaksanakan pengembangan koleksi yang paling utama adalah kurangnya kerjasama dan sosialisasi pustakawan dengan pemustaka. Kendala ini otomatis akan menyebabkan kurang optimalnya koleksi perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Upaya-upaya yang bisa dilakukakan Perpustakaan FE UM untuk mengatasi kendala tersebut adalah, pustakawan menyebarkan angket secara acak kepada mahasiswa dan dosen dari 9 prodi di FE UM yang bertujuan mengetahui prioritas kebutuhan pengguna baik mahasiswa maupun para dosen.

Berdasarkan hasil tugas akhir ini, maka disarankan pelaksanaan pengembangan koleksi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang hendaknya dilaksanakan secara maksimal agar dapat memenuhi semua kebutuhan informasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pustakawan di Perpustakaan FE UM harus lebih perhatian, lebih merespon, dan lebih menanggapi kebutuhan pengguna dalam proses pengadaan koleksi, sehingga kebutuhan pengguna dapat terpenuhi.