Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

LAYANAN SIRKULASI MANDIRI DENGAN ELECTRONIC LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (ELiMS) DI PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Laela Karomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Karomah, Laela. 2013. Layanan Sirkulasi Mandiri dengan Electronic Library Management System (EliMS) di Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Program Studi D3 Perpustakaan, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Syahri, S.Sos, M.Si. (II) SokhibulAnsor, S.Sos., M.Hum.

 

Kata Kunci: layanan sirkulasi mandiri, RFID, ELiMS.

 

Perkembangan teknologi informasi memberikan perubahan pada sistem yang dijalankan di Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang, yakni sistem layanan sirkulasi mandiri menggunakan ELiMS yang berbasis RFID. Dengan sistem layanan yang ditawarkan ELiMS layanan yang cepat dan efisien dapat diwujudkan dan mampu menarik pengguna untuk memanfaatkan koleksi karena kemudahan akses yang diberikan.

Penulisan tugas akhir ini bertujuan mendeskripsikan perangkat ELiMS dan mendeskripsikan penerapan ELiMS di perpustakaan. Deskripsi meliputi seluruh perangkat yang digunakan di Perpustakaaan Pusat UIN Maliki Malang dan penerapannya dalam layanan pengguna. Penulisan ini hanya dibatasi pada penggunaan ELiMS di Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang yang meliputi perangkat yang digunakan dan penerapannya dengan menggunakan metode observasi dan wawancara.

Berdasarkan pengumpulan dan analisis data penggunaan ELiMS di Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang maka ditarik dua simpulan berikut. Pertama, Multi-purpose Station yakni layanan peminjaman mandiri; Kedua, Book Drop yakni layanan pengembalian mandiri yang aktif dalam 24 jam; Ketiga, EAS Gantry adalah pintu keamanan yang mendeteksi buku keluar tanpa proses peminjaman; Keempat, RFID Tag adalah chip dan antena berisi data buku yang terpasang pada buku dan mampu memancarkan sinyal untuk dibaca server; Kelima, Local Host adalah server yang mengunakan software ELiMS untuk membaca RFID Tag; Keenam, Counter Station adalah layanan yang digunakan staf untuk proses tagging dan aktivasi keamanan.

Penerapan ELiMS dalam layanan sirkulasi mandiri meliputi dua hal yakni layanan peminjaman mandiri yang bekerja dengan mendeteksi RFID Tag pada buku dan secara otomatis terpinjam. Lalu layanan pengembalian mandiri yang berada di luar ruang perpustakaan yang mampu mendeteksi buku dan secara otomatis memperbarui status peminjaman buku dan memasukkannya ke dalam mesin.

Saran yang diberikan untuk pengembangan layanan sirkulasi mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi, yaitu: (1) Bagi pengelola perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang, perlu mengembangkan penggunaan program barcode sehingga mampu memenuhi kebutuhan pengguna dan meminimalisir penggunaan dana pengembangan sistem untuk dialokasikan pada koleksi bahan pustaka serta perlu dilakukan penambahan teknisi yang dapat membantu kinerja pustakawan dalam mengembangkan program pengelolaan perpustakaan atau melakukan pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan pustakawan dalam hal teknologi; (2) Bagi pengelola UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, melakukan pengembangan program perpustakaan sehingga lebih memudahkan proses sirkulasi koleksi bahan pustaka.