Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN KEGIATAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM)

Ayu Fauziyah Suminar

Abstrak


ABSTRAK

 

Suminar, Ayu Fauziyah. 2013. Pelaksanaan Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas Akhir Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, pembimbing I: Dr. Titik Harsiati, M.Pd, pembimbing II: Drs. Hari Santoso, S.Sos.

 

Kata Kunci: Pelaksanaan pengolahan, Bahan pustaka

 

Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber informasi yang berperan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan menjadi tempat rekreasi yang menyegarkan dan menyenangkan. Dalam mewujudkan fungsinya, maka tugas utama perpustakaan adalah menyediakan koleksi bahan-bahan pustaka yang diolah oleh pustakawan, sehingga hasil olahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Kegiatan pengolahan bahan pustaka merupakan kegiatan yang berkaitan erat dalam penyediaan informasi di perpustakaan. Jika informasi yang dibutuhkan pemustaka kurang memadai serta masih jauh dari kesesuaian dengan kebutuhan pemustaka maka, hal ini merupakan kendala bagi pemustaka untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan kegiatan pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam penulisan ini, digunakan metode penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode penganalisa data adalah metode deskriptif yaitu dengan mengumpulkan, mengolah dan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan kegiatan pengolahan meliputi katalogisasi, pembuatan barcode, pembuatan label, penyampulan koleksi, pengiriman koleksi, penyiangan koleksi, perawatan koleksi dan penataan ulang koleksi. Dalam pelaksanaan masih terdapat beberapa kendala seperti kesalahan entri, kerusakan jaringan sistem otomasi, serta tidak ada pustakawan yang khusus menangani perbaikan bahan pustaka.

Saran dari tugas akhir ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan entri, pustakawan diharapkan lebih teliti dan dilakukan pengecekan ulang. Serta menambah tenaga karyawan untuk mempercepat.