Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP TATA LETAK GEDUNG DAN RUANG DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (SURVEI PADA MAHASISWA FKIP JURUSAN PGSD ANGKATAN 2010)

Sri Juwita Mustikalini

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustikalini, Sri Juwita. 2013. Persepsi Pemustaka terhadap Tata Letak Gedung dan Ruang di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo HS., M.Pd, (II) Ali Mas’ud S.Sos.

 

Kata Kunci: persepsi, tata letak gedung dan ruang, perpustakaan UMM

 

Perpustakaan perguruan tinggi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan, yaitu mahasiswa dan dosen. Perpustakaan perguruan tinggi berfungsi sebagai sarana yang akan menunjang proses perkuliahan dan penelitian di perguruan tinggi tersebut, salah satunya adalah UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang yang terletak di Jl. Raya Tlogomas 246 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang persepsi pemustaka terhadap tata letak gedung dan ruang di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis hasil penelitian menggunakan tabel frekuensi dengan skala Likert.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan PGSD. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling sebanyak 65 mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap tata letak gedung dan ruang di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang adalah 21 responden (32,31%) menyatakan sangat setuju, 41 responden (63,08%) menyatakan setuju, dan 3 responden (4,61%) menyatakan tidak setuju.

Sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan secara menyeluruh bahwa persepsi pemustaka terhadap tata letak gedung dan ruang di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang adalah setuju atau dalam kategori cukup baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang dapat mengambil masukan dan saran dari penulis, antara lain: (1) sistem penataan rak yang kurang rapi, hal tersebut dapat menjadi masukan bagi lembaga sebagai bahan evaluasi perpustakaan UMM dimasa yang akan datang, (2) penggunaan teknologi/peralatan supaya lebih dikembangkan dan sudah saatnya untuk menambah komputer (baik layanan mandiri maupun OPAC), dan (3) Untuk peneliti lanjutan dapat mengadakan penelitian sejenis dengan variabel yang berbeda, dengan jumlah variabel dan populasi yang lebih luas sehingga hasil yang diperoleh akan lebih representatif.