Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN SISTEM OTOMASI LASER 2.0 PADA BAGIAN PENGOLAHAN DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Fandi Yusuf

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusuf, Fandi. 2013. Penerapan Sistem Otomasi Laser 2.0 Pada Bagian Pengolahan di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas Akhir Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Moch. Syahri, M.Si, (II) Drs. Moh. Asrukin,M.Si

 

Kata Kunci: Otomasi LASer 2.0, Bagian Pengolahan, UPT Perpustakaan UMM.

 

Otomasi LASer 2.0 merupakan otomasi perpustakaan yang digunakan oleh UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang dalam pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi. Perpustakaan dan Informasi UMM mulai meningkatkan mutu layanan dengan menerapkan sistem perpustakaan terotomasi dengan sofware LASer (Library Automation Services) yang dibuat dan dikembangkan oleh Muhammadiyah Digital Library Research Group (MDLRG) UMM. Dikembangkannya program otomasi LASer 2.0 tersebut untuk mendukung terselenggarannya kegiatan-kegiatan di UPT Perpustakaan UMM. Salah satu kegiatan yang menggunakan LASer 2.0 adalah pada bagian pengolahan bahan pustaka.

Berdasarkan pengalaman yang di alami penulis dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Bagian pengolahan sangat penting peranannya dalam kepustakawanan di UMM. Kegiatan bagian pengolahan ialah mengolah koleksi yang baru datang sampai buku siap untuk disajikan untuk para pemustaka.

Dalam penerapan otomasi LASer 2.0 di bagian pengolahan, ada dua jenis kegiatan meliputi katalogisasi deskriptif dan katalogisasi subjek. Dari dua jenis kegiatan tersebut, penulis mendeskripsikan penerapan kegiatan di bagian pengolahan dalam bentuk tampilan gambar beserta prosedur penerapan yang bertujuan agar mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan praktik otomasi LASer secara langsung.

Berdasarkan kesimpulan tersebut, disimpulkan bahwa sistem otomasi LASer Versi 2.0 telah memenuhi kebutuhan sistem informasi pada bagian pengolahan dalam mengolah bahan pustaka di perpustakaan.saran yang didapat adalah perlu adanya pengembangan kembali dari tahun ke tahun, agar sistem otomasi LASer yang sudah ada dapat mengikuti pola perkembangan teknologi informasi yang akan datang dan dapat memiliki beberapa versi yang akan terus berkembang.