Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Ketersediaan Bahan Pustaka Penunjang Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Dwi Widya Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wati, Dwi Widya. 2013. Evaluasi Ketersediaan Bahan Pustaka Penunjang Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang, Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Sunoto M.Pd., (II) Dra. Suharti S.IP.

 

Kata kunci: evaluasi bahan pustaka, bahan pustaka perpustakaan

 

Evaluasi bahan pustaka adalah kegiatan menilai bahan pustaka perpustakaan baik dari segi ketersediaan koleksi maupun pemanfaatan koleksi bagi pengguna. Dalam suatu kegiatan menilai bahan pustaka digunakan metode yang disarankan dalam American Library Association (ALA). Metode yang dikeluarkan oleh ALA tersebut dapat mempermudah pelaksanaan kegiatan evaluasi.

Mulai dari penelusuran data yang dibutuhkan hingga memperoleh hasil yang sesuai dengan waktu dan tenaga yang tersedia. Data-data yang diperoleh penulis beragam diantaranya sesuai dengan tujuan dan masalah yang dihadapi pada tugas akhir ini. Data-data yang dibutuhkan meliputi jumlah dan ragam koleksi bahan pustaka penunjang perkuliahan program studi D3 Perpustakaan, serta data peminjaman bahan pustaka oleh mahasiswa D3 Perpustakaan. Dalam memperoleh hasil yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan serta masalah yang dihadapi, penulis menggunakan media berupa daftar struktur kurikulum, sumber rujukan dari RPS (Rencana Perkuliahan Semester), dan OPAC. Penulis juga melakukan penelusuran secara langsung pada rak agar dapat mencapai hasil yang lebih relevan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diperoleh hasil simpulan sebagai berikut. Pertama Jumlah dan ragam koleksi bahan pustaka penunjang materi perkuliahan yang terdiri dari bahan pustaka tentang perpustakaan dan non perpustakaan secara keseluruhan menurut data penelusuran dari OPAC secara keseluruhan berjumlah 343 judul dan 1055 eksemplar. Bahan pustaka tentang perpustakaan tahun terbitnya yang paling lama adalah tahun 1943 dan yang paling baru adalah tahun 2012. Sedangkan bahan pustaka non perpustakaan tahun terbit yang paling lama tahun 1955 dan yang paling baru tahun 2010.

Kedua, penggunaan bahan pustaka oleh mahasiswa D3 Perpustakaan didominasi oleh mahasiswa angkatan 2010. Penggunan bahan pustaka salah satunya dapat dikaji melalui kegiatan peminjaman bahan pustaka. Jumlah mahasiswa D3 Perpustakaan 118, yang aktif  melakukan peminjaman bahan pustaka 85 mahasiswa. Peminjaman bahan pustaka oleh mahasiswa D3 Perpustakaan didominasi oleh mahasiswa angkatan 2010 yang peminjaman bahan pustakanya 485. Peminjaman bahan pustaka penunjang banyak dilakukan oleh mahasiswa angkatan tahun 2010 sebanyak 77%, angkatan tahun 2011 sebanyak 18%, dan angkatan tahun 2012 sebanyak 5%.  

Ketiga, kesesuaian jumlah dan ragam koleksi bahan pustaka penunjang dengan materi ajar sesuai struktur kurikulum program studi D3 Perpustakaan dan sumber rujukan pada RPS dapat dikatakan kurang sesuai. Jumlah data pada OPAC 141 eksemplar sedangkan yang tersedia pada rak hanya 48 eksemplar maka jika diprosentasekan bahan pustaka yang tersedia pada rak  34% dari data pada OPAC dan 66% tidak tersedia pada rak. Dengan demikian jumlah dan ragam bahan pustaka yang tersedia pada perpustakaan Universitas Negeri Malang terhadap bahan pustaka penunjang masih kurang yang sesuai dengan sumber rujukan pada RPS karena hanya 34% ketersediaanya dari data OPAC.

Jumlah dan ragam koleksi bahan pustaka terutama bahan pustaka yang berkaitan dengan perpustakaan perlu ditambahkan. Mengingat bahan pustaka tentang perpustakaan merupakan sumber rujukan utama dalam menunjang mata kuliah D3 Perpustakaan. Hal tersebut dapat dijadikan saran untuk pengembangan koleksi pada bagian pengadaan.

Penggunaan bahan penunjang oleh mahasiswa D3 Perpustakaan perlu dikaji dan diketahui oleh para dosen pengajar D3 Perpustakaan, agar dapat memberikan motivasi pada mahasiswa D3 Perpustakaan untuk lebih aktif dan meningkatkan minat mereka terhadap penggunaan dan penelusuran literatur bahan pustaka penunjang.

Kurang sesuainya sumber rujukan bahan pustaka pada perpustakaan Universitas Negeri Malang berdasarkan sumber rujukan pada RPS D3 Perpustakaan, agar dapat menjadi masukkan pada pengembangan koleksi Perpustakaan Universitas Negeri Malang serta agar lebih sering dalam melakukan kegiatan evaluasi guna perkembangan koleksi perpustakaan kedepannya lebih baik.