Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Pengunjung Perpustakaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012

Tri Lilik Subiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Subiyanti, Tri Lilik. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Pengunjung  Perpustakaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012 .Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Bustanul Arifin, S.H. M.Hum (II) Drs. Hari Santoso, S.Sos

 

Kata Kunci: Perpustakaan UM, Pengunjung.

 

Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) mempunyai tugas dan fungsi dalam penyediaan berbagai sumber informasi yang dibutuhkan oleh civitas akademika. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,  perpustakaan UM memiliki visi sebagai pusat rujukan informasi ilmiah  dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penelitian ini membahas faktor-faktor penyebab kurangnya pengunjung perpustakaan UM tahun 2012. Dengan demikian, penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomenanya yang terjadi saat ini dan menyajikannya apa adanya. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh mahasiswa UM dengan sampel acak baik yang datang ke perpustakaan atau tidak. Jumlah dari sampel 50 mahasiswa, berdasarkan perhitungan jumlah populasi yang lebih dari 100 maka di ambil 10% dari populasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya pengunjung perpustakaan Universitas Negeri Malang  tahun 2012; perilaku pengunjung ketika datang ke perpustakaan Univeristas Negeri Malang; dan metode yang bisa digunakan perpustakaan Universitas Negeri Malang untuk menarik  minat pengguna berkunjung ke perpustakaan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah (a) koleksi perpustakaan UM kurang mutakhir, (b) pustakawan kurang ramah, (c) fasilitas kurang memenuhi kebutuhan pengguna, (d) layanan belum maksimal.