Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pendidikan Pemakai Perpustakaan di Perpustakaan UIN Maliki Malang

Ellyna Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ellyna Novita. 2013. Pelaksanaan Pendidikan Pemakai Perpustakaan di Perpustakaan UIN Maliki Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor, S.Sos., M.Hum.

 

Kata Kunci: pendidikan pemakai perpustakaan

 

Pendidikan pemakai merupakan salah satu bagian dari sosialisasi perpustakaan terhadap “calon” pemakai. Kebanyakan perpustakaan mengabaikan aktivitas yang termasuk dalam pemasaran perpustakaan ini. Pentingnya pendidikan pemakai bertujuan untuk mengenalkan calon pemustaka terhadap fasilitas-fasilitas perpustakaan sebagai setrategi untuk memaksimalkan pemanfaatan layanan perpustakaan. Dengan adanya pendidikan pemakai ini diharapkan agar para pengguna perpustakaan dapat mengetahui lebih dalam tentang perpustakaan. Pendidikan pengguna adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendidik pengguna agar mengetahui sumber–sumber informasi perpustakaan yang terdiri dari koleksi, fasilitas, dan jasa perpustakaan, mendidik pengguna dalam memanfaatkan sumber–sumber informasi secara tepat dan cepat, serta  mendidik pengguna perpustakaan untuk menjadi pengguna yang tertib dan bertanggunng jawab.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pendididikan pemakai yang ada di Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang. Teknik pengumpulan data berupa berupa wawancara kepada pustakawan Perpustakaan UIN Maliki Malang

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan pemakai perpustakaan di UIN Maliki menggunakan program jangka panjang dan jangka pendek. Adapun kegiataan pendidikan pemakai jangka pendek yakni, saat Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK), library tour, dan on the spot training. Sedangkan pendidikan pemakai jangka panjang dimasukkan ke dalam mata kulih Pengantar Aplikasi Komputer.

Saran yang dapat diajukan kepada pihak perpustakaan UIN Maliki Malang diantaranya adalah sebagai berikut: 1) di dalam pendidikan pemakai perpustakaan jangka pendek saat OPAK seharusnya pustakawan diberikan waktu lebih dari 30 menit dalam penyampaian materi, pada saat library tour, 2) dalam pendidikan pemakai jangka panjang saharusnya diberikan kesemua jurusan yang ada di UIN, sebagai mata kuliah wajib, 3) semestinya pendidikan pemakai perpustakaan tidak hanya sekedar sebagai proses pengenalan tetapi lebih mengarah pada unsur pendidikan, dengan peran perpustakaan sebagai fungsi pusat sumber belajar yang menunjang kebutuhan akan informasi bagi penggunanya.