Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan UIN Maliki Malang

Mita Oktafiana David

Abstrak


ABSTRAK

 

David, Mita Oktafiana. 2013. Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan UIN Maliki Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd, (II) Ali Mas’ud, S.Sos

 

Kata kunci: Pengolahan bahan pustaka, perpustakaan

 

Pengolahan adalah suatu kegiatan pengolahan bahan bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan sesuai dengan pedoman pengolahan, sehingga bahan pustaka-bahan pustaka tersebut dapat dijajar pada rak bahan pustaka dan dapat dimanfaatkan oleh pemustaka. Proses pengolahan merupakan suatu bagian integral pada perpustakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan pustakawan yang ahli dalam bidang tersebut.

Tujuan adanya kegiatan pengolahan tidak lain adalah untuk memudahkan pengguna dalam temu kembali informasi, untuk mengetahui berapa  jumlah bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan, dan untuk mengetahui judul-judul buku yang dimiliki oleh perpustakaan. Begitu pula Pada perpustakaan UIN Maliki Malang  yang kegiatan pengolahannya dilakukan pada masa libur semester genap. Hal tersebut dilakukan untuk menutupi kekurangan pegawai dan mengoptimalkan ribuan bahan pustaka agar terselesaikan tepat waktu.

Tugas akhir ini menjelaskan kegiatan pengolahan bahan pustaka pada Perpustakaan UIN Maliki Malang yang memiliki beberapa jenis bahan pustaka,  yaitu buku-buku penunjang kuliah, kita-kitab arab, tugas akhir, skripsi, thesis dan jurnal, baik cetak ataupun digital, majalah dan koran dan CD/DVD-ROM. Dari kesemua bahan pustaka tersebut memiliki alur kerja yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lain yaitu inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi dan labeling dan berpedoman pada AACR (Anglo-American Cataloguing Rules) 2nd  dan DDC 21 (Dewey Decimal Clasification) for windows, sehingga memudahkan pustakawan dalam melakukan pengolahan.

Meskipun dalam kegiatan berbagai macam bahan pustaka tersebut memiliki alur kerja yang tidak jauh berbeda, tetapi kegiatan tersebut membutuhkan ketelitian dan pengalaman serta pengetahuan yang tinggi. Oleh karena itu, Perpustakaan UIN Maliki Malang hendaknya menambah SDM (Sumber Daya Manusia) yang profesional dan menjadwal ulang waktu pengolahan bahan pustaka agar proses pengolahan bahan pustaka dapat maksimal.