Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa terhadap Tata Letak dan Ruang Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang

Puspita Juni Nur Rakhmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rakhmawati, Puspita Juni Nur. 2013. Persepsi  Siswa  terhadap Tata Letak dan Ruang Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang. Jurusan Sasttra Indonesia. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. H. Bustanul Arifin, S.H. M.Hum., (II) Ali Mas’ud, S.Sos.

 

Kata Kunci : persepsi, tata letak gedung, tata ruang

 

 Gedung dan ruang perpustakaan merupakan satu komponen yang tak terpisahkan dalam mengembangkan perpustakaan utamanya perpustakaan sekolah. Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang merupakan perpustakaan tingkat sekolah yang dapat dikatakan maju dan berkembang baik dari segi koleksi maupun perencanaan gedung serta ruang perpustakaan. Letak gedung perpustakaan yang strategis dan mudah dijangkau menjadi salah satu factor yang dapat menarik minat kunjung siswa. Selain itu, dengan tata ruang baur yang digunakan perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang menjadikan perpustakaan ini banyak pengunjung.

Dari pengamatan nyata yang dilakukan mengenai keadaan perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang yang mendorong peneliti untuk membuat sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tata letak gedung dan ruang perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang. Persepsi memiliki peranan penting dalam mengembangkan sebuah perpustakaan. Melalui persepsi siswa mengenai tata letak gedung serta ruang perpustakaan dapat dijadikan sebagai evluasi untuk mengembangkan perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang dimasa yang akan datang.

Jenis penelitan yang digunakan adalah peneltian pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini lebih menekankan pada angka dari mulai pengumpulan data sampai hasil dari penelitian.

Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMA Negeri 1 Lawang dengan sampel yakni kelas XI Bahasa sebagai pengunjung terbanyak. Untuk mendapatkan data yang akurat, peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Angket yang digunakan adalah jenis angket tertutup.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dikemukan bahwa persepsi siswa terhadap tata letak gedung dan ruang perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang baik. Baik yang berarti gedung perpustakaan sudah memiliki penataan letak yang strategis di sekolah dan mudah dijangkau oleh siswa. Sedangkan untuk penataan ruang-ruang yang ada di perpustakaan sudah tepat sesuai dengan harapan siswa yakni dapat memberikan rasa nyaman saat siswa memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi cara untuk melakukan evaluasi diri bagi perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang untuk mengembangkan perpustakaan. Dalam membuat sebuah perencanaan gedung, hendaknya perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang perlu memperhatikan lokasi yang mudah dijangkau siswa dari seluruh tingkatan yang ada serta dapat menciptakan  penataan ruang yang lebih menarik sehingga siswa dapat merasakan kenyaman serta kesenangan di perpustakaan