Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Bangun Pendidikan Pemakai Perpustakaan di MAN 3 Malang

Jakfar Syodik

Abstrak


ABSTRAK

 

Syodik, Jakfar. 2013. Rancang Bangun Pendidikan Pemakai Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dr. Sunaryo HS., S.H. M.Hum, Sokhibul Ansor S.Sos, M.Hum

 

Kata kunci: pendidikan pemakai, user education.

 

Tugas akhir dengan judul Rancang Bangun Pendidikan Pemakai Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang, bertujuan memberikan gambaran secara deskriptif tentang Rancang Bangun Pendidikan Pemakai Perpustakaan yang bisa diterapkan MAN 3 Malang.

Pendidikan pemakai perpustakaan merupakan sebuah pendidikan yang dilakukan guna memperkenalkan berbagai fasilitas yang dimiliki sebuah perpustakaan kepada penggunanya, baik perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, dan berbagai bentuk perpustakaan yang lain. Pendidikan pemakai perpustakaan, bertujuan agar setiap anggota perpustakaan dapat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki perpustakaan secara efektif dan efisien.

Program pendidikan pemakai perpustakaan meliputi program jangka pendek dan jangka panjang. Materi jangka pendek berkaitan dengan kebutuhan yang mendesak pada awal kegiatan pembelajaran. Ada beberapa bentuk pendidikan pemakai jangka pendek yang dapat diterapkan, yaitu: (1) metode ceramah, 2) metode tour library. Sedangkan materi jangka panjang adalah materi program yang terintegrasi kedalam kurikulum muatan lokal atau yang lebih dikenal dengan library instruction, mulai dari kelas satu sampai dengan kelas tiga.

Rancang bangun dimulai dari hasil identifikasi awal yang menunjukkan bahwa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang belum diperkenalkan materi tentang pendidikan pemakai perpustakaan sekolah.

Desain rancang bangun pendidikan pemakai perpustakaan meliputi: (1) menentukan tujuan, (2) memilih metode, (3) mencoba program, (4) evaluasi, (5) revisi program, dan (6) penerapan model program.