Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Malang Periode 2011/2012

Estu Ilma Hapsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Hapsari, Estu Ilma. 2013. Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Malang Periode 2011/2012. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Martutik, M.Pd, (II) Drs. Moh. Asrukin M. Si.

 

Kata Kunci: Pengambangan Koleksi

 

Pengembangan koleksi merupakan kegiatan memilih dan mengadakan bahan pustaka sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pustakawan bersama dengan sivitas akademika perguruan tinggi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna perpustakaan. Kegiatan pengembangan di Perpustakaan UIN Maliki Malang meliputi, kegiatan seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka, dan pemeliharaan bahan pustaka.Seleksi bahan pustakan merupakan pemilihan bahan pustaka yang akan dibeli dalam kegiatan pengadaan bahan pustaka. Kegiatan seleksi bahan pustaka di perpustakaan UIN Maliki Malang meliputi: a) persiapan alat seleksi, seperti katalog penerbit, tinjauan (resensi) buku, indeks/abstrak, dan bibliografi, b) pelaksanaan seleksi dengan penyusuna bahan pustaka  yang sudah direkomendasikan, c) proses Penyelesaian menyusun bahan pustaka yang sudah dipilih dan akan dibeli.

Kegiatan pengadaan bahan pustaka di perpustakaan UIN Maliki Malang ada dua, yaitu  pengadaan koleksi  melalui tender dan pengadaan koleksi melalui hibah. Pengadaan bahan pustaka melalui tender merupakan kegiatan pembelihan bahan pustaka berupa buku yang diserahkan sepenuhnya oleh penerima tender, sedangkan pengadaan bahan pustaka merupakan kegiatan penambahn koleksi yang diperoleh dari donasi atau hibah.

Pemeliharaan bahan pustaka merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjaga bahan pustaka supaya tidak mengalami kerusakan. Untuk mencegah kerusakan tersebut dapat melakukan kegiatan diantaranya adalah perawatan bahan pustaka, fumigasi, penyiangan dan stock upname.

Beragam pokok persoalan yang berkaitan dengan pengembangan koleksi perpustakaan UIN Maliki Malang adalah sebagai berikut:  1) kurangnya sumberdaya manusia pada perpustakaan UIN Maliki Malang 2) adanya sistem rolling pada staf perpustakaan bagi yang bukan dari jurusan perpustakaan 3) kurangnya bahan pustakan yang berbentuk digital 4) sedikitnya rak buku untuk koleksi berbentuk tercetak.

Saran yang dapat diajukan kepada pihak perpustakaan UIN Maliki Malang diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Dalam kegiatan pengembangan koleksi sebaiknya pihak perpustakaan UIN Maliki Malang tidak hanya membeli bahan pustaka dalam bentuk tercetak saja tapi juga memperbanyak bahan pustaka dalam bentuk digital, selain lebih memudahkan pengguna dalam penelusuran informasi  juga tidak banyak menyita tempat, 2) Perpustakaan UIN Maliki Malang mendatangkan teknisi dari bidang IT yang dapat mengemas koleksi tercetak menjadi koleksi digital.