Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN DIGITAL LIBRARY PADA GREY LITERATURE DI PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM)

REFIANA NUR SOLECHA

Abstrak


ABSTRAK

 

Solecha, Refiana Nur. 2013. Penerapan Digital Library pada Grey Literature di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tugas Akhir, Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Indonesia Program Studi D-III Perpustakaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum, (II) Drs. Hari Santoso, S.Sos.

 

Kata kunci : Digital library, grey literature

 

Digital library merupakan perpustakaan modern yang sudah menggunakan sistem otomasi dalam operasionalnya serta memiliki koleksi bahan pustaka yang sebagian besar dalam bentuk format digital yang disimpan dalam arsitektur komputerisasi dan bisa diakses melalui komputer. Koleksi yang terdapat pada digital library disebut dengan grey literature, karena jenis koleksi ini tidak dipublikasikan secara luas dan bukan dalam bentuk tercetak.

Tujuan penelitian yang berdasarkan pada praktek kerja lapangan ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan digital library di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang, (2) untuk mengetahui pengelolaan digital library, (3) untuk mengetahui jenis koleksi grey literature pada digital library UMM, dan (4) untuk mengetahui kendala pada digital library UMM.

Hasil yang diperoleh dari penelitian diantaranya (1) penerapan digital library di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang menggunakan jaringan LAN, digital library UMM memberikan kontribusi yang berupa pengetahuan bagi pengunjung digital library dimana pengunjung dengan leluasa dapat mengakses seluruh grey literature yang ada pada data base komputer yang berbentuk skripsi, tesis, tugas akhir, jurnal, maupun grey literature lainnya yang bisa dijadikan bahan referensi untuk menyelesaikan tugas, skripsi, dan karya ilmiah lainnya, (2) pengelolaan pada digital library UMM diantaranya meliputi pelayanan kepada pengunjung digital library yang datang untuk mengakses informasi pada komputer digital library dan karyawan digital library juga menangani pengumpulan data skripsi, tugas akhir maupun tesis dari mahasiswa UMM untuk kemudian didata dan dipublikasikan agar dapat diakses pengunjung, (3) jenis koleksi digital library UMM diantaranya adalah: artikel, tugas akhir, skripsi, tesis, e-Book, IndonesiaDLN, jurnal, dan koleksi multimedia, (4) kendala pada digital library UMM diantaranya adalah jumlah komputer dan printer yang masih kurang apabila dilihat dari pengguna digital library yang relatif banyak, tidak adanya batas waktu maksimal pemakaian komputer, biaya print out yang relatif mahal, serta terdapat folder koleksi yang isinya tidak sesuai dengan jenis koleksi.