Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Layanan Perpustakaan Bagi Pengguna di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang

Sisiliyah Sri Andriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Andriani, Sisiliyah Sri. 2013. Sistem Layanan Perpustakaan Bagi Pengguna di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Program Studi D3 Perpustakaan Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Roekhan, M.Pd., (II) Drs. Dwi Sugianto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Sistem Layanan Perpustakaan.

 

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang berperan sebagai salah satu unit atau sarana kelengkapan perguruan tinggi yang bersifat akademik dalam menunjang perguruan tingginya dengan memberikan layanan secara optimal.

Kegiatan yang dilakukan penulis selama 8 minggu PKL di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang meliputi layanan administrasi, layanan digital library, pengolahan bahan pustaka dan layanan sirkulasi yang saling teritegrasi antara satu bagian dengan bagian yang lain. Pada bagian administrasi memiliki peran yang sangat penting dalam melayani pengguna baik dalam hal peminjaman loker, reaktivasi kartu anggota,  pendaftaran kartu sakti, bebas pinjaman dll. Sedangkan pada bagian digital library dapat membantu mahasiswa mencari bahan referensi non cetak dan pelayanan pengumpulan data skripsi mahasiswa UMM, pada bagian pengolahan berfungsi untuk mengolah bahan pustaka baru hingga siap dipublikasikan kepada pengguna. Bagian sirkulasi berfungsi melayani peminjaman, pengembalian, perpanjangan, serta denda. Masing-masing layanan tersebut membantu dan menunjang kebutuhan pengguna perpustakaan.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKL adalah penulis mengetahui sistem layanan perpustakaan dan permasalahan serta pemecahan masalah pada perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Kesimpulan yang didapat bahwa Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang telah menyediakan layanan yang membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi pada perpustakaan. Berdasarkan kesimpulan ini dapat disarankan bahwa perpustakaan harus meningkatkan dan memperbaiki sarana atau fasilitas yang dalam kondisi rusak atau bermasalah. Petugas pada masing-masing layanan juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna, karena fasilitas yang baik harus ditunjang dengan pelayanan yang baik pula.