Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

Achmad Qorni Novianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Novianto, Achmad Qorni. 2013. Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, (II) Dra. Suharti, S.IP.

 

Kata kunci: kebijakan pengembangan koleksi, Perpustakaan MAN 3 Malang

  

Sebagai sumber informasi bagi civitas akademika MAN 3 Malang, Perpustakaan MAN 3 Malang selalu berusaha mengembangkan koleksinya agar dapat menyajikan informasi yang up to date sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar dapat melaksanakan pengembangan koleksi secara terarah, diperlukan kebijakan pengembangan koleksi yang didasarkan pada kebutuhan pemustaka. Kebijakan pengembangan koleksi digunakan sebagai acuan untuk dapat menyajikan koleksi yang lebih berdaya guna bagi pemustaka serta dapat digunakan untuk memanfaatkan dana pengembangan koleksi perpustakaan sekolah secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pengembangan koleksi yang diterapkan di Perpustakaan MAN 3 Malang yang meliputi: (1) kebijakan umum, (2) kebijakan pengembangan koleksi, (3) jenis koleksi dan tingkat koleksi, dan (4) beragam pokok persoalan.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir ini adalah segala bentuk data yang berisikan informasi tentang kegiatan pengembangan koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga cara, yaitu observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Pengumpulan data dilaksanakan pada saat melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan di Perpustakaan MAN 3 Malang.

Kebijakan umum dalam kegiatan pengembangan koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang berisikan penjelasan sebagai berikut: (1) visi, misi, tujuan dan fungsi Perpustakaan MAN 3 Malang, dan (2) pengelompokan pemustaka yang mencakup pegawai, guru dan peserta didik,

Pengembangan koleksi yang dilaksanakan oleh Perpustakaan MAN 3 Malang adalah sebagai berikut: (1) tim seleksi bahan pustaka yang meliputi kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan, guru, karyawan dan peserta didik, (2) kriteria pelaksanaan seleksi bahan pustaka meliputi kualitas fisik, kualitas isi dan penerbit, dan (3) pelaksanaan pengadaan koleksi yang meliputi pembelian dan penerimaan hadiah

Perpustakaan MAN 3 Malang memiliki berbagai jenis koleksi berdasarkan: (1) nomor kelas mulai dari 000 sampai dengan 900, (2) jenis koleksi yang meliputi buku paket, buku referensi, buku umum dan majalah, (3) koleksi berbahasa Indonesia, Inggris, Arab, Perancis, Jerman, dan Cina, dan (4) format bahan pustaka terdiri atas bentuk tercetak dan digital. Koleksi buku paket yang terkuat adalah pada bidang studi Agama, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ekonomi. Koleksi buku paket yang lemah adalah pada bidang studi Pendidikan Jasmani dan Kesenian.

Beragam pokok persoalan yang berkaitan dengan pengembangan koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang adalah sebagai berikut: (1) penanganan hadiah yang berasal dari peserta didik kelas XII dan lembaga lain, (2) kriteria penyiangan bahan pustaka (weeding), diantaranya adalah bahan pustaka yang sudah kadaluarsa, jarang digunakan, dan jumlah kopi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan pemustaka, (3) perawatan bahan pustaka (konservasi dan preservasi) yang meliputi kegiatan penyampulan dan penjilidan ulang, (4) evaluasi koleksi yang digunakan untuk dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan koleksi, (5) kerjasama pengembangan koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang dengan Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang dan perpustakaan UIN Maliki Malang, (6) kebijakan khusus dalam pengembangan koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang yang meliputi karya ilmiah peserta didik dan guru serta karya ilmiah mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL, PKL maupun penelitian yang dilaksanakan di MAN 3 Malang, dan (7) pemanfaatan SLA sebagai aplikasi manajemen koleksi Perpustakaan MAN 3 Malang yang dijadikan acuan dalam pengembangan koleksi melalui menu laporan koleksi.

Saran yang dapat diajukan kepada pihak Perpustakaan MAN 3 Malang diantaranya adalah sebagai berikut: (1) Perpustakaan MAN 3 Malang hendaknya mengantisipasi kerusakan database aplikasi Smart Library Automation (SLA) dengan melakukan back up data agar Perpustakaan MAN 3 Malang memiliki data cadangan tentang keseluruhan koleksi, (2) Perpustakaan MAN 3 Malang hendaknya menambahkan menu laporan koleksi pada aplikasi Smart Library Automation (SLA) berdasarkan jumlah judul dalam setiap nomor kelas agar dapat diketahui sebaran judul dalam setiap nomor kelas secara efektif dan efisien, (3)  Perpustakaan MAN 3 Malang dapat melaksanakan pemerataan nomor kelas untuk koleksi dengan menghimbau peserta didik kelas XII yang akan lulus untuk menyumbangkan bahan pustaka dengan subyek tertentu yang ditentukan oleh Perpustakaan MAN 3 Malang, dan (4) Perpustakaan MAN 3 Malang perlu melakukan promosi buku penunjang untuk guru yang dimiliki Perpustakaan MAN 3 Malang untuk meningkatkan keterpakaian koleksi buku penunjang yang diperuntukkan bagi guru.