Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

emanfaatan Layanan Internet Gratis pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Aditya Endra Sayekti

Abstrak


ABSTRAK

 

Sayekti, Aditya Endra. 2013. Pemanfaatan Layanan Internet Gratis pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Heri Suwignyo, M. Pd, (II) Sokhibul Ansor, S. Sos, M.Hum.

 

Kata Kunci: internet, layanan perpustakaan, layanan internet gratis

 

Layanan internet gratis merupakan kegiatan yang diberikan kepada pemustaka untuk memanfaatkan internet tanpa harus membayar, serta dapat membantu mahasiswa yang tidak membawa laptop untuk mengakses internet. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah. (1) mendeskripsikan frekuensi pemustaka dalam menggunakan fasilitas layanan internet gratis, (2) mendeskripsikan durasi yang digunakan oleh pemustaka dalam menggunakan layanan internet gratis, dan (3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan layanan internet gratis.

Metode yang digunakan untuk penulisan tugas akhir ini metode kuantitatif diskriptif. Data-data yang diambil untuk penulisan tugas akhir ini berasal dari Laporan Praktik Kerja Lapangan dan penyebaran angket untuk pemustaka yang menggunakan layanan internet gratis. Teknik sampling yang digunakan untuk penulisan tugas akhir ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan penulis yakni sebesar 50 mahasiswa

Hasil temuan dalam tugas akhir ini meliputi: (1) frekuensi penggunaan layanan internet gratis ini paling banyak perempuan 29 responde (54%) dan layanan internet gratis yang sering digunakan dalam bentuk sinyal wifi 27 responden (54%). (2) durasi penggunaan layanan internet gratis ini rata-rata dalam seminggu hanya sekali sebnyak 21 reaponden (42%) dan waktu yang digunakan dalam sehari cukup lama (31-60 menit) sebanyak 18 responden (36%). (3) keefektifan penggunaan layanan internet gratis ini kurang efektif karena tujuan pemustaka menggunakan layanan internet gratis untuk mencari informasi untuk bahan rujukan tugas 36 sebanyak responden (72%). Tetapi situ-situs yang sering dilihat sendiri hanya facebook, twitter 33 responden (66%). Meskipun dengan adanya internet gratis ini pemustaka masih ada yang kurang paham akan bahan rujukan yang kurang baik dan baik untuk rujukan sebanyak 33 responden (66%).

Temuan tugas akhir ini dapat disarankan meliputi: (1)Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang disarankan untuk melakukan kebijakan penambahan PC (komputer). Kepala Perpustakaan perlu menambah durasi atau mengurangi jangka waktu untuk merestrat yang awalnya menjadi dua minggu menjadi satu minggu. Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang perlu melakukan kebijakan untuk penyediaan headset karena pemustaka kesulitan saat akan mendengarkan film atau musik. (2) Kepada Pustakawan disarankan untuk meningkatkan respon tanggap terhadap keluhan yang dialami oleh pemustaka yang menggunakan layanan internet. Pustakawan perlu membenahi jaringan terhadap situs-situs yang terblokir seperti twitter atau g-mail. Pustakawan perlu menambah software Intenet Download Manager, karena dalam penggunaan layanan internet gratis kadang-kadang saat download file seperti film, music, terjadi kegagalan. Pustakawan perlu mengadakan seminar tetang rujukan-rujukan yang baik untuk tugas dan promosi tentang layanan internet gratis ini agar mahasiswa lama menggunakan layanan internet gratis dan tidak hanya mahasiswa baru yang tetap menggunakan layanan internet gratis. (3) Kepada Pemustaka yang menggunakan layanan internet gratis ini perlu disarankan untuk bertenggang rasa terhadap pengguna yang lain bila layanan internet gratis sangat ramai pengunjung dan hanya menggunakan seperlunya saja.