Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tampilan Fitur Online Public Access Catalogue (OPAC) pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Winda Hanifa

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanifa, Winda. 2013. Tampilan Fitur Online Public Access Catalogue (OPAC) pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir,Jurusan Sastra Indonesia, Program StudiD3 Perpustakaan,FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing:(I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd.,(II) SokhibulAnsor, S.Sos., M.Hum.

 

Kata Kunci: katalog, OPAC, otomasi perpustakaan, perpustakaanperguruantinggi

 

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang. UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang berperan sebagai salah satu unit atausarana kelengkapan perguruan tinggi yang bersifat akademik dalam menunjang perguruan tingginya dengan memberikan layanansecara optimal.

Aktivitas kegiatanselama PKLpada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malangmeliputiaktivitas bagian pengadaan, aktivitas bagian pengolahan,aktivitas bagian sirkulasi, aktivitasbagian referensi,dan aktivitasbagian serial. Semua aktivitas bagian layanan ini salingterotomasi dan teritegrasi antara satu bagian dengan bagian yang lain.Sistemotomasiperpustakaandapatdigunakanuntukmenanganikegiatanrutindansebagaisaranapenelusuran (information retrieval) berupaOnline Public Access Catalogue (OPAC). OPAC merupakan sarana penghubung antara koleksi perpustakaan dengan penggunanya baik pengguna aktual dan pengguna potensial. Bagiperpustakaan, OPAC merupakanalatutama di dalamsistemtemukembaliinformasi, keuntungannya bagi pengguna adalah membuat mereka lebih mandiri dalam penelusuran dan penemuan bahanpustaka yang dibutuhkan.

Tujuan dari penulisan ini meliputi:(1) mendeskripsikan tampilan fitur OPAC, (2) mendeskripsikan cara penelusuran informasi menggunakan OPAC, dan (3) mendeskripsikankesesuaian tampilan fitur OPAC UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang berdasarkan standar IFLA. Penulisan ini merupakan deskripsi seluruh bagian tampilan fitur OPAC dan dibatasi hanya pada OPAC di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Adapun batasannya sampai pada fitur antarmuka (interface) dan fitur penelusuran informasi.

Kesimpulan berdasarkan kegiatan PKL dan pengamatan OPAC UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, yaitu: (1) tampilan OPAC terdiri dari dua bagian. Bagian header terdapat fitur berupa menu navigasi koleksi pustaka, pencarian, bantuan, usulan buku baru, cek peminjaman, dan home. Bagian konten menampilkan isi menu maupun sub menu OPAC; (2) terdapat dua cara penelusuran menggunakan OPAC. Penelusuran umum dengan menggunakan titik akses berupa judul, pengarang, dan subyek. Penelusuran khusus menggunakan logika Boolean untuk mempersempit maupun memperluas hasil penelusuran; dan (3) tampilan fitur OPAC kurang memenuhi kesesuaian prinsip dan rekomendasi IFLA. OPAC UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang hanya memenuhi 18 indikator dari keseluruhan 37 indikator rekomendasi IFLA.

Saran untuk pengembangan teknologi informasi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang khususnya OPAC, yaitu:(1) Kepala UPT Perpustakaan membuat rencana pengembangan teknologi informasi, khususnya untuk memperbaiki dan mengembangkan OPAC. Kepala UPT Perpustakaan dapat merangkul seluruh pustakawan maupun tenaga TI; (2) Pustakawan sebaiknya mengikuti perkembangan ilmu perpustakaan dan dapat menerapkan pengetahuannya di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Selain itu, pustakawan sebaiknya menyusun pedoman atau panduan pengguna perpustakaan yang dapat diunduh secara gratis melalui website perpustakaan; dan (3) Tenaga TI sebaiknya mengembangkan diri pada bagian database administrator, network administrator, dan web designer untuk pengembangan teknologi informasi. Database administrator berperan sebagai pengatur pangkalan data. Network administrator berperan sebagai pengatur jaringan. Web designer berperan sebagai perancang dan pengatur tampilan website maupun OPAC UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.