SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Squat Jump tehadap Power Otot Tungkai Siswa Pemula Klub Bolavoli Patria Kota Blitar

alvian septyayuwandianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Septyayuwandianto, Alvian. (2010). Pengaruh Latihan Squat Jump tehadap Power Otot Tungkai Siswa Pemula Klub Bolavoli Patria Kota Blitar. Skripsi, jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan FIK Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes., (II) Dra. Sulistyorini M.Pd.

 

Kata kunci: latihan squat jump, power otot tungkai, bolavoli.

Salah satu kemampuan fisik yang diperlukan dalam cabang olahraga bolavoli adalah kemampuan power otot tungkai. Power otot tungkai diperlukan dalam melakukan semua gerakan teknik dalam permainan bolavoli. Salah satu latihan yang digunakan untuk meningkatkan power otot tungkai adalah dengan melakukan latihan squat jump. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui keefektifan dari latihan squat jump terhadap peningkatan power otot tungkai.

Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dengan rancangan random, pretest, postest design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yakni kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Sebelum memberi perlakuan kepada sampel kelompok perlakuan, terlebih dahulu melakukan pemasangan kelompok dengan cara membagi populasi menjadi dua kelompok yang mempunyai power otot tungkai seimbang dengan menggunakan teknik ordinal pairing.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes yang digunakan adalah  tes loncat tegak versi Johnson & Nelson (1974:177). Penelitian ini menggunakan populasi berjumlah 28 orang dengan jumlah sampel kelompok perlakuan adalah 14 orang dan kelompok kontrol 14 orang. Kelompok perlakuan diberikan latihan squat jump sebanyak tiga kali dalam satu minggu dan dilaksanakan selama lima minggu.

Hasil perhitungan perbedaan mean data postest antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol diperoleh diperolah  dan . Oleh karena  maka  diterima. Artinya tidak ada perbedaan mean yang signifikan antar kemampuan power otot tungkai kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol setelah pelaksanaan eksperimen.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Latihan squat jump tidak berpengaruh terhadap Power Otot Tungkai Siswa Pemula Klub Bolavoli Patria Kota Blitar. Peneliti menyarankan untuk dilakukan penelitian yang lebih baik, misalnya dengan memperketat kontrol kelompok, dengan menambah jumlah subjek atau kelompok penelitian, atau dengan membuat homogen tingkatan perkembangan motorik populasi penelitian berdasarkan usia.