SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Kondisi Fisik Tim Ekstrakulikuler Futsal SMKN 6 Kota Malang Tahun 2019

Amin Mohammad

Abstrak


RINGKASAN

Amin, Mohammad. Survei Kondisi Fisik Tim Ekstrakurikuler Futsal SMKN 6 Kota Malang Tahun 2019. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Usman Wahyudi S.Pd., M.Pd. (II) Gema Fitriady S.Pd., M.Pd.

Kata kunci: Futsal, kondisi fisik, ekstrakurikuler

SMK Negeri 6 Kota Malang adalah salah satu sekolah di Kota Malang yang mempunyai ekstrakurikuler futsal. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis pukul 19.00 WIB di lapangan indoor SMK Negeri 6 Kota Malang dengan diikuti sebanyak 20 orang dari berbagai kelas. Menurut pernyataan dari pelatih ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang pada saat wawancara, permasalahannya terletak pada hari latihan yang hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Setiap latihan tidak ada hari latihan yang dikhususkan untuk melatih fisik, jadi latihan 2 kali seminggu hanya latihan teknik dan taktik. Ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang belum pernah dilakukan tes untuk mengukur tingkat kebugaran fisik yang dimiliki oleh peserta ekstrakurikuler futsal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) tingkat daya tahan tim ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang

(2) tingkat kekuatan otot tungkai tim ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang

(3) tingkat kecepatan tim ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang

(4) tingkat power otot tungkai tim ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang

(5) tingkat kelincahan tim ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 6 Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, pada umunya penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Instrumen tes yang digunakan adalah yo-yo test untuk mengukur daya tahan, back and legs dynmometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai, lari 30 meter untuk mengukur kecepatan berlari, standing jump untuk mengukur power otot tungkai, dan t-test agility untuk mengukur tingkat kelincahan.

Berdasarkan dari hasil penelitian dengan 20 peserta ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang yang mengikuti tes kondisi fisik futsal. Kondisi fisik peserta ekstrakurikuler futsal SMKN 6 Kota Malang pada komponen fisik power otot tungkai masuk kategori “baik sekali” dengan persentase 45%, komponen kelincahan 75% dengan kategori “poor”, sedangkan daya tahan jantung paru masuk kategori below avarage dengan persentase 45%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarakan memberikan porsi latihan yang cukup untuk meningkatkan kondisi fisik para pemain dan membuat program latihan dengan struktur yang jelas menganai teknik, taktik dan fisik agar merata. Siswa ekstrakurikuler futsal SMKN 6 Kota Malang harus menambah porsi latihan fisik sendiri jika dirasa latihan fisik yang diberikan pada saat latihan rutin itu kurang dan juga harus bisa menjaga kondisi fisik sendiri dengan cara menjauhi rokok, kopi, begadang dan lain sebagainya.