SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survey Tingkat Persepsi Pendidikan Jasmani Siswa SMAN se-Kota Malang

Wiega Aqbar Maulana

Abstrak


 

 

RINGKASAN

Wiega, Aqbar Maulana. 2019. Survey Tingkat Persepsi Pendidikan Jasmani Siswa SMAN se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: persepsi, konsep pendidikan jasmani

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan kepada staf Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan mencari referensi, peneliti tidak mendapatkan hasil adanya survei tentang persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di tingkat SMAN se-Kota Malang. Peneliti memahami pentingnya mengetahui tingkat persepsi siswa SMAN se-Kota Malang untuk mengkaji pembelajaran pendidikan jasmani di SMAN se-Kota Malang telah berjalan dengan baik atau tidak.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di tingkat SMAN se-Kota Malang, serta untuk membandingkan perbedaan persepsi siswa laki-laki kelas X dengan kelas XI, siswi perempuan kelas X dengan kelas XI, siswa-siswi kelas X dengan XI, dan siswa laki-laki dengan siswi perempuan.

Rancangan penelitian mengunakan jenis data penelitian deskritif kuantitatif dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala guttman serta teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.

Tingkat persepsi siswa SMAN se-Kota Malang terhadap konsep pendidikan jasmani didapat 78,59%. Dengan perbedaan persepsi siswa terhadap pendidikan jasmani kelas X dan kelas XI dengan hasil perhitungan didapat nilai signifikan 0,00159 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara peserta didik kelas X dengan peserta didik kelas XI, perbandingan antara siswa laki-laki kelas X dengan siswa laki-laki kelas XI  dihasilkan nilai signifikan 0,005106 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara siswa laki-laki kelas X dengan siswa laki-laki kelas XI, siswi perempuan kelas X dengan siswi perempuan kelas XI didapat nilai signifikan 0,004 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara siswi perempuan kelas X dengan siswi perempuan kelas XI, dan perbandingan antara siswa laki-laki dengan siswi perempuan didapat nilai signifikan 0,001 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara peserta didik laki-laki dengan perempuan.

 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat persepsi siswa SMAN se-Kota Malang tergolong baik dengan terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dengan perempuan, kelas X dengan kelas XI, siswa laki-laki kelas XI dengan siswa laki-laki kelas XI, dan siswi perempuan kelas X dengan siswi perempuan kelas XI.