SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN KELINCAHAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN UNTUK SISWA KELAS VII A SMP KATOLIK FRATERAN CELAKET 21 KOTA MALANG

Arifianto Yusuf

Abstrak


RINGKASAN

Arifianto, Yusuf. 2019. Upaya Meningkatkan Kelincahan Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eko Hariyanto. M.Pd.

Kata kunci: Kebugaran Jasmani, Kelincahan, Metode Bermain.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh masalah berupa kelincahan siswa yang harus ditingkatkan. Hasil tes awal dengan menggunakan Illinois agility run test menunjukkan bahwa 100% (28 siswa) di kelas VII A tidak lincah (average, fair, poor). Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan kelincahan siswa menggunakan metode bermain dengan prinsip latihan zigzag, shuttle run, dan lari ke segala arah.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang dengan tujuan untuk meningkatkan kelincahan siswa menggunakan metode bermain.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan,

(3) observasi,

(4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelincahan siswa. Setelah dilakukan tindakan terdapat peningkatan kelincahan siswa berdasarkan hasil post test disetiap pertemuan praktik. Sebelum dilakukan tindakan, hasil tes menunjukkan bahwa 100% (28 siswa) di kelas VII A tergolong tidak lincah (average, fair, poor) kategori maksimal hanya berada pada kategori rata-rata (average). Setelah dilakukan tindakan, hasil tes menunjukkan bahwa 17,7% (5 siswa) tergolong lincah (excellent, good).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan kelincahan siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang, meskipun tidak menunjukkan peningkatan secara signifikan.

SUMMARY

Arifianto, Yusuf. 2019. Effort to Improve Agility Using the Playing Methods for Class VII A Students of SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang. Essay, Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Advisors: Dr. Eko Hariyanto. M.Pd.

Keywords: Physical Fitness, Agility, Playing Methods.

Based on the result of initial observations, obtained problems in the form of students agility that must be improve. The result of the initial test using the illinois agility run test showed that 100% (28 students) in class VII A are not agile (average, fair, poor). To solve these problem researchers sought to improve students agility using the playing methods with the principle of zigzag training, shuttle run, and running in all directions.

This research was conducted on class VII A students SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang with the aim to improve the agility of students using the playing methods.

This research is type of classroom action research. The implementation of class action is carried out through two cycles where each cycle consists of 4 stage that is:

(1) planning,

(2) implementation,

(3) observation,

(4) reflection. The subject of this research is class VII A students of SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang.

The result of this research indicate that there is an increase in students agility. After action there was an increase in students agility based on the result of the post test at each practice meeting. Before the action is taken, the test results show that 100% (28 students) in class VII A are classified as not agile (average, fair, poor) the maximum category is only in the average category. After the action, the test results showed that 17.7% (5 students) were classified as agile (excellent, good).

Based on the result of the research can be concluded that by using the playing methods can improve agility students on class VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang, although it did not show a significant increase.