SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Minat Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2018/2019

Sholiatin Lia Nur

Abstrak


RINGKASAN

Sholiatin, Lia N. 2019. Survei Minat Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

Kata kunci: minat, pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah taraf kehadiran peserta didik yang tinggi, ketidakteraturannya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, tidak tercapainya tujuan Pendidikan Jasmani yang diberikan oleh pengajar, peserta didik masih tidak memahami dan mengerti tentang konsep Pendidikan Jasmani.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang ditinjau dari tiga aspek yaitu perhatian, perasaan, dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di sekolah tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Negeri 6 Malang sebanyak 1.980 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 270 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dan variabel terikatnya adalah minat peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat peserta didik SMK Negeri 6 Malang termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase sebesar 75,06% yang terbagi atas tiga variabel yaitu perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sebesar 88,60%, perasaan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sebesar 88,90%, dan kebutuhan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sebesar 47,70%.

Dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 6 Malang dalam kategori “cukup baik”. Saran, sehubungan dengan minat peserta didik dalam kategori “cukup baik” maka diharapkan para pengajar lebih berinovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan untuk sekolah diharapkan tersedianya sarana dan prasarana agar menunjang keberlangsungan pembelajaran.