SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Ketepatan Pukulan Groundstroke Berbasis Video Pembelajaran Siswa Tenis Lapangan

Firmansyah Hafiz

Abstrak


RINGKASAN

Firmansyah, Hafiz. 2019. Pengembangan Variasi Latihan Ketepatan Pukulan Groundstroke Berbasis Video Pembelajaran Siswa Tenis Lapangan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (2) Drs. Supriatna, M.Pd.

Kata Kunci: variasi latihan ketepatan pukulan groundstroke, siswa tenis lapangan.

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa tenis lapangan, diperoleh dari penyebaran angket yang diberikan pada 15 siswa tenis lapangan bahwa siswa tenis lapangan mengalami kesulitan dalam menempatkan bola sehingga diperlukan variasi latihan ketepatan pukulan groundstroke yang berbasis video pembelajaran sebagai sarana untuk mendapatkan dan memperdalam teknik pukulan groundstroke. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peneliti terdorong untuk mengembangkan teknik latihan ketepatan pukulan groundstroke berbasis video pembelajaran

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan variasi latihan ketepatan pukulan groundstroke berbasis video pembelajaran untuk siswa tenis lapangan. Dengan adanya pengembangan variasi latihan ini, diharapkan siswa tenis lapangan dapat menguasai teknik ketepatan pukulan groundstroke dan lebih aktif dalam proses latihan.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yaitu Research and Development (R&D). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari analisis kebutuhan, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar

Berdasarkan hasil justifikasi dari beberapa ahli, pada produk pengembangan variasi latihan ketepatan pukulan groundstroke pada siswa tenis lapangan dperoleh data sebagai berikut:

(1) ahli kepelatihan, mendapatkan 95,83% dengan kriteria sangat valid,

(2) ahli materi mendapatkan 93,3% dengan kriteria sangat valid,

(3) ahli media mendapatkan 90,8% dengan kriteria sangat valid,

(4) uji coba kelompok kecil mendapatkan 89% dengan kategori sangat valid,

(5) uji coba kelompok besar mendapatkan 86,1% dengan kategori sangat valid.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketepatan pukulan siswa tenis lapangan sangat memerlukan latihan ketepatan pukulan groundstroke berbasis video pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pukulan. Oleh karena itu, disarankan bagi siswa tenis lapangan untuk meningkatkan latihan ketepatan pukulan dan bagi pelatih disarankan memberi program latihan ketepatan pukulan untuk meningkatkan kualitas pemainnya agar dapat mencapai prestasi .