SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Trenggalek

Defando Fajar Priardi

Abstrak


Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang penting dan diperlukan dalam kehidupan, mengingat dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah kemampuan beripikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah.Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat disebabkan oleh masih belum maksimalnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa adalah motivasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(1) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek,

(2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian experimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan tiga variabel. Variabel bebas adalah model Problem Based Learning, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis dan variabel moderator motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa sama yakni 31 siswa. Kelas XI IPS 1  sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang  sebagai kelas kontrol.

Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis varians dua arah diperoleh:

(a) Terdapat perbedaan rata-rata Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis,

(b)Terdapat perbedaan rata-rata skor posttestkemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa yang dilakukan pembelajaran menggunakan model PBL, dengan probabilitas 0,21 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa.

 

Dapat disimpulkan pembelajaran model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Maka dapat disarankan umtuk pembelajaran kedepan penggunaan model PBL agar pembelajaran lebih dipadukan dengan media ataupun model lain sehingga dapat lebih efektif.