SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPembelajaranBolavoliGandu Level II danBolavoli MiniMenggunakanMetodeBermainTerhadapHasilBelajarKeterampilanPassing AtasBolavoliPadaSiswaKelas VIII J SMPN 10 Kota Malang

Adhe Agung Setya Budi

Abstrak


Kata kunci: bolavoligandu level II, bolavoli mini, passing atasbolavoli

Berdasarkanhasilobservasiketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J padahariJum’attanggal 24 Agustus 2018 di SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang diperoleh 66,7% siswamendapatkannilaikurangbaik, 26,7% Cukup, dan 6,7% Baik.Tidakadanyapermainanataumodifikasidalampelaksanaanpembelajaranbolavolimembuatsiswatidakmaksimaldalam proses pembelajaran yang akanberdampakpadakurangnyapeningkatandanpengembangantingkatketerampilandalamhalbermainbolavoli.Olehkarenaitupenelititertarikuntukmengenalkandanmemberikanpembelajaranbolavoligandu level IIdanbolavoli mini di SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang khususnyauntukkelas VIII J.

Tujuandalampenelitianiniadalah:

(1) untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoligandu level IImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang, (2) untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII JSekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang, (3) untukmengetahuiperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II danpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang.

Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwo group pretest-posttest design. Variabelbebasberupabolavoligandu level IIdanbolavoli minimenggunakanmetodebermain, variabelterikatberupahasilbelajarketerampilanpassing atasbolavoli. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang yang berjumlah 30 siswadengan 15 siswakelompokbolavoligandu level IIdan 15siswakelompokbolavoli mini. Teknikanalisis data menggunakananalisisvarianssatuarah(One Way Anova) dengansignifikansi α = 0,05.

Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakananalisisvarianssatuarahdiperoleh: (a) terdapatperbedaan rata-rata skorpretest danposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoligandu level IImenggunakanmetodebermain, denganprobabilitas   0,00 < 0,05. Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassing atas,(b)terdapatperbedaan rata-rataskorpretest danposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoli minimenggunakanmetodebermain, denganprobabilitas 0,00 <0,05. Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassing atas, (c) terdapatperbedaan rata-rataskorposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoligandu level IIdankelompokpembelajaranbolavoli minimenggunakanmetodebermain,denganprobabilitas 0,00 < 0,05.Dengandemikianterdapatperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II danpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilan passing atas.

Dapatdisimpulkanpembelajaranbolavoligandu level II menggunakanmetodebermainlebihberpengaruhdibandingkanpembelajaranbolavoli mini terhadaphasilbelajarketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang. Berdasarkankesimpulantersebutmakadisarankanpembelajaranbolavoligandu level II metodebermainlebihberpengaruhsebagaipembelajaran yang mempermudahsiswadalammempelajaripermainanbolavolidandapatmeningkatanhasilbelajarketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J SMPN 10 Kota Malang.