SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Small Side Games Terhadap Peningkatan Kemampuan VO2 max Pemain Sepakbola U 14-15 di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang

Andika Yudis Pratama

Abstrak


Sepak bola adalah permainan beregu yang dimainkan oleh individu-individu. Dalam permainan sepak bola pemain dituntut dapat menguasai aspek teknik, taktik, mental dan fisik. Kondisi fisik memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai prestasi maksimal. Kesalahan teknik dan taktik sering terjadi pada saat pemain kehilangan konsentrasi yang diakibatkan oleh menurunnya stamina.Salah satu cara untuk mengetahui stamina pemain adalah dengan mengukur VO2 max pemain tersebut. Pada observasi awal melalui pretest yang dilakukan di SSB MASEL Kepanjen Kabupaten Malang diketahui bahwa 60% hasil kemampuan VO2 max pemain di bawah rata-rata dan 40% pemain di atas rata-rata kemampuan VO2 max. Untuk memperoleh peningkatan kemampuan VO2 max diperlukan adanya peningkatan stamina. Jadi semakin tinggi faktor endurance/stamina yang diperlukan, semakin tinggi pula angka VO2 max yang diharuskan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) pengaruh latihan small side games terhadap peningkatan kemampuan VO2 max pemain sepak bola usia 14-15 tahun di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang.

(2) perbedaan antara latihan small side games dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan VO2 max pemain sepak bola usia 14-15 tahun di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah pemain sepak bola SSB Masel usia 14-15 tahun Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 20 pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan pairing matching. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan bleep test pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikan 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut:

(1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan small side games dan latihan konvensional terhadap peningkatan kemampuan VO2 max pemain sepak bola usia 14-15 tahun di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang. (thitung5,76 > ttabel3,41).

 

(2) latihan small side games memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada latihan konvensional terhadap peningkatan kemampuan VO2 max pemain sepak bola usia 14-15 tahun di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang Kelompok latihan konvensional memiliki nilai sebesar 1,05, sedangkan kelompok latihan small side games memiliki nilai sebesar 5,76. Dengan demikian latihan small side games memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan latihan konvensional terhadap peningkatan kemampuan VO2 max pemain sepak bola usia 14-15 di SSB Masel Kepanjen Kabupaten Malang.