SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 10 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Hasan Aiza Nirmala

Abstrak


RINGKASAN

Hasan, Aiza Nirmala. 2019. Peningkatan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang Menggunakan Media Video pada Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

Kata Kunci: senam lantai, guling depan, guling belakang, media video.

Berdasarkan hasil tes keterampilan senam lantai guling depan dan guling belakang observasi awal siswa kelas XI TKJ 4 SMK Negeri 10 Malang tersebut dapat diketahui bahwa persentase siswa yang mencapai ketuntasan <70 KKM mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada guling depan hanya 40% dan pada guling belakang hanya 20%. Ketidaktuntasan nilai tersebut antara lain disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan guru menekankan guru untuk belajar mandiri. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi senam lantai guling depan dan guling belakang masih sangat rendah, oleh karena itu perlu adanya pembaharuan dalam penyampaian materi agar dapat tercapai materi yang di sampaikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan dan guling belakang menggunakan media video siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2018/2019.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dengan 2 siklus untuk 6 pertemuan.

Hasil penelitian ini mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan ditandai dengan nilai rata-rata guling depan pada kondisi awal yaitu 69,5 dan persentase ketuntasan hasil tes siswa senam lantai guling depan siswa pada kondisi awal 40% kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 79,4 dengan  persentase ketuntasan 83,3% dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 81,9 dengan persentase ketuntasan 86,6%. Sedangkan, peningkatan terjadi pada nilai rata-rata hasil tes senam lantai guling belakang dengan kodisi awal yaitu 66,5 dengan persentase 20% kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 67 dengan persentase ketuntasan 40%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 76,6 dengan  persentase ketuntasan 83,3%.

Kesimpulan penggunaan media video dapat meningkatkan hasil keterampilan senam lantai guling depan dan guling belakang pada siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Negeri 10 Malang.