SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aktivitas Bela Diri Pencak Silat dalam Bentuk Video Pembelajaran untuk Pembelajaran PJOK Siswa Kelas 9 SMPN 21 Malang.

Maharima Aminatus Sholiha AR

Abstrak


RINGKASAN

Maharima Aminatus, Sholiha AR. 2019. Pengembangan Aktivitas Bela Diri Pencak Silat dalam Bentuk Video Pembelajaran untuk Pembelajaran PJOK Siswa Kelas 9 SMPN 21 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Febrita Paulina Heynoek., S.Pd., M.Pd., II) Gema Fitriady, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: pembelajaran PJOK, pencak silat, video pembelajaran.

Pembelajaran pencak silat yang dilakukan di SMPN 21 Malang kurang efektif dan efesien dikarenakan banyak sarana dan prasarana yang belum tercukupi, contoh: pecing pad, kun, matras, kemudian tempat dan ruangan yang tidak memadai. Sehingga dengan adanya masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk membuat produk yang berbasis video pembelajaran guna menjadikan pembelajaran pencak silat lebih efektif dan efesien.

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan aktivitas bela diri pencak silat dalam bentuk video pembelajaran untuk pembelajaran PJOK siswa kelas 9 SMPN 21 Malang yang dapat dijadikan sebagai sarana pendukung guru dalam memberikan mata pelajaran bela diri pencak silat.

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan research & development (R&D) menggunakan model pengembangan untuk multimedia yang dikembangkan oleh Lee & Owen (2004:3) dengan mengarah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah siswa sangat senang saat mengikuti pembelajaran bela diri pencak silat berbasis video pembelajaran, serta siswa lebih antusisas dalam pembelajaran modifikasi berupa rangkaian gerakan pencak silat dan diimbangi dengan permainan yang ada.

 

Kesimpulan dan saran dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yang berupa aktivitas bela diri pencak silat yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran. Sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini divalidasikan kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju. Saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini dalam menuju kearah lebih lanjut. Sebaiknya dapat dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari produk yang dikembangkan ini, karena hasil dari pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.