SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Bermain Permainan Bolavoli Gandu Level II Dan Bolavoli Mini Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Malang.

Muhammad Izam Faiz

Abstrak


Permainan bolavoli gandu adalah permainan memvoli bola yang diciptakan untuk mengembangkan kesegaran jasmani. Permainan bolavoli mini adalah permainan memvoli bola yang merupakan hasil modifikasi dari permainan bolavoli. Permasalahan yang dihadapi siswa kurang aktif dan umumnya kurang berminat dalam  melakukan aktivitas jasmani khususnya permainan bolavoli karena  kurangnya permainan ataupun modifikasi dalam pembelajaran bolavoli sehingga banyak siswa yang tidak maksimal dalam proses pembelajaran yang akan berdampak pada kurangnya peningkatan dan pengembangan tingkat keterampilan dalam hal bermain bolavoli. Agar pembelajaran bolavoli berjalan sesuai harapan, peneliti memberikan permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kota Malang.

Tujuan dalam penelitian ini adalah:

1) mengetahui pengaruh latihan bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah,

2) mengetahui pengaruh latihan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah dan

3) mengetahui perbedaan pengaruh latihan permainan bolavoli gandu level II dengan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan two group, pretest, posttest, design pada kelompok bolavoli gandu level II dan bolavoli mini. Variabel bebas bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain, variabel terikatnya hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli. Subyek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas VII SMPN 10 Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis varians (anava) satu jalur dengan taraf signifikan α = 0,05.

Berdasarkan hasil hipotesis menggunakan anava satu jalur diperoleh

1) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest 23.00 dan skor postest 27,73 hasil belajar passing bawah permainan bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran permainan bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap passing bawah bolavoli,

2) terdapat perbedaan rata-rata pretest 22,73 dan postest 27.60 hasil belajar passing bawah permainan bolavoli mini menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran permainan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap passing bawah bolavoli,

3) tidak ada perbedaan rata-rata skor postest kelompok bolavoli gandu level II 27,33 dan rata-rata skor postest  kelompok bolavoli mini 27,20 hasil belajar passing bawah permainan bolavoli gandu level II dan permainan bolavoli mini menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,855 > 0.05. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap passing bawah bolavoli.

 

Pembelajaran permainan bolavoli gandu level II dan permainan bolavoli mini dengan metode bermain tidak ada perbedaan pengaruh, maka permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain dapat digunakan sebagai modifikasi permainan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli.