SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Zig-Zag Run dan Right Boomerang Run Terhadap Kelincahan Peserta Ekstrakurikuler Futsal MAN Bondowoso

Irwan Febriyadi

Abstrak


Kelincahan adalah kemampuan seorang atlet dalam mengubah arah dan posisi tanpa kehilangan keseimbangan, pada permainan futsal kelincahan sangat diperlukan. Dari hasil tes awal kelincahan menggunakan tes illinois dan shuttle run diperoleh hasil bahwa kelincahan peserta ekstrakurikuler dalam kategori sedang dan kurang sehingga perlu ditingkatkan. Latihan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kelincahan yaitu zig-zag run dan right boomerang run.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan zig-zag run dan right boomerang run terhadap kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian the static group pretest-posttest design. Dalam rancangan ini ada dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda dalam rumpun yang sejenis. Sampel penelitian sebanyak 20 orang peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso. Teknik pembagian kelompok dalam penelitian ini menggunakan teknik ordinal pairing matching, dari 20 orang peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 orang kelompok latihan zig-zag run dan 10 orang kelompok latihan right boomerang run. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan illinoist test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian (anava) satu jalur dengan taraf signifikan α = 0,05.

Dari hasil analisis data, diperoleh tiga kesimpulan yaitu:

(1) latihan zig-zag run memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso (F hitung = 10,16 > F Tabel 4,41),

(2) latihan right boomerang run memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso (F hitung = 17,35 > F Tabel 4,41),

(3) ada perbedaan pengaruh antara kelompok eksperimen zig-zag run dan kelompok eksperimen right boomerang run terhadap terhadap peningkatan kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso (F hitung = 4,50 > F Tabel 4,41).

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara latihan zig-zag run dan right boomerang run, latihan right boomerang run berpengaruh  lebih baik terhadap kelincahan peserta ekstrakurikuler. Pelatih dan peserta ekstrakurikuler futsal MAN Bondowoso dapat menggunakan latihan right boomerang run untuk meningkatkan kelincahan.