SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Komponen Kondisi Fisik Ekstrakurikuler Bulutangkis Siswa SMP Negeri 1 Rambipuji Jember.

Danang Argo Wahyu Ismaya

Abstrak


Kata Kunci: survei, kondisi fisik, bulutangkis.

            Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember yang menyatakan bahwa belum diketahui kondisi fisik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis dan belum diadakan tes dan pengukuran untuk mengetahui tingkat kondisi fisik ekstrakurikuler bulutangkis siswa SMP Negeri 1 Rambipuji Jember.

            Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kondisi fisik ekstrakurikuler bulutangkis siswa SMP Negeri 1 Rambipuji Jember.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan survei Subjek penelitian ini adalah 60 siswa putra dan putri ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember. Pengumpulan data menggunakan tesdanpengukuran.

            Berdasarkan hasil penelitian didapatkanhasilsebagaiberikut: bahwa kondisi fisik siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 1 Rambipuji Jember pada: (1) komponen keseimbangan putra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Baik”, (2) komponenpowerototlenganputra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Baik Sekali”, (3) komponenpowerotottungkai putra termasuk dalam kategori “Cukup” dan putri “Cukup”, (4) komponenkelincahanputra termasuk dalam kategori “Cukup” dan putri “Cukup”, (5) komponenkecepatan putra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Cukup”, (6) komponendayatahanputra termasuk dalam kategori “Cukup” dan putri “Kurang”, (7) komponenkelentukanputra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Kurang”, (8) komponenkoordinasiputra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Baik”, (9) rata-rata keseluruhan putra termasuk dalam kategori “Baik” dan putri “Cukup”.

Kesimpulanevaluasi komponen kondisi fisik ekstrakurikuler bulutangkis siswa SMPN 1 Rambipuji Jember untuk putra baik dan putri cukup. Dengan diketahuinya kondisi fisik masing-masing siswa dapat dijadikan tolak ukur untuk kedepannya dapat semakin ditingkatkan. Diperlukan peningkatan baik dalam teknik dan fisik supaya dapat berprestasi dalam kejuaraan antar sekolah.