SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Penjaga Gawang Usia 8-14 Tahun SSB seKota Malang

Mochamad Hendik Febriyanto Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan penelitian awal melalui observasi pada latihan di ASIFA (Aji Santoso International Football Academy) diperoleh temuan: (1) pelatih di dalam pengelolahan latihan pada latihan penjaga gawang kurang terkondisikan, (2) pemberian model latihan penjaga gawang masih kurang menarik sehingga keseriusan atlet dalam latihan terlihat kurang serius, (3) atlet dalam keterampilan penjaga gawang masih banyak kesulitan. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara pada siswa penjaga gawang dan pelatih diperoleh temuan: (1) pelatih dan 87,5% atlet berpendapat latihan teknik dasar penjaga gawang sangat penting, (2) atlet dan pelatih berpendapat penjaga gawang merupakan keterampilan paling penting dalam permainan sepakbola, (3) 75% atlet merasa kurang menyenangkan dan jenuh terhadap variasi model latihan penjaga gawang yang diberikan pelatih, (4) 75% atlet berpendapat bahwa model latihan teknik penjaga gawang yang diberikan kurang variatif, (5) pelatih dan 100% atlet setuju untuk diberikan variasi model latihan penjaga gawang.

Tujuan penelitian & pengembangan ini adalah mengembangkan variasi model latihan penjaga gawang untuk SSB seKota Malang usia 8-14 tahun yang dikemas dalam buku yang berisikan 51 model latihan penjaga gawang antara lain warming up, agility, positioning narrow the angle reaction, catching, diving, lobs, crosses, saving shoot, dan satu lawan satu.

Model yang dilakukan dalam penelitan & pengembangan ini berupa model prosedural dengan menggunakan pendekatan Research and Development dari Borg and Gall. Dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah sampai menghasilkan suatu produk. Langkah langkah tersebut antara lain: (1) analisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara  pelatih dan atlet, (2) perencanaan produk awal, (3) evaluasi para ahli, (4) uji coba kelompok kecil (10 subjek), (5) revisi produk, (6) uji kelompok besar (30 subjek), (7) revisi produk, sekaligus hasil produk akhir.

Produk pengembangan yang dihasilkan berupa variasi model latihan penjaga gawang untuk usia 8-14 tahun yang dikemas dalam buku. Dari hasil ahli kepelatihan diperoleh persentase 81,54%, ahli kepelatihan penjaga gawang diperoleh persentase 83,3%, ahli media diperoleh persentase 82,2% dan uji coba kelompok kecil yang diperoleh persentase 81,4%, dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 86,3%, Berdasarkan dari evaluasi ahli serta uji coba kelompok, maka penulis mengambil kesimpulan pengembangan variasi model latihan Penjaga gawang dinyatakan valid dan layak digunakan pada latihan penjaga gawang pada SSB seKota Malang usia 8-14 tahun.

Kata Kunci: variasi model latihan, penjaga gawang, klub