SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI CROSS SECTIONAL POLA WAKTU BERAKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK KELAS 1 SAMPAI DENGAN KELAS 6 DATARAN RENDAH DI SD NEGERI 1 BANTUR

Dilla Taman Roma Dlani

Abstrak


ABSTRAK

 

Dlani, Dilla Taman Roma. 2019. Studi Cross Sectional Pola Waktu Beraktivitas Fisik Peserta Didik Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 Dataran Rendah di SD Negeri 1 Bantur. SkripsiJ urusan Pendidikan Jasmani da nKesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd., (II) Dona Sandy Yudasmara, S.Pd, M.Or.

 

Kata Kunci: cross sectional, aktivitasfisik, dataranrendah

Manusia merupakan makhluk hidup yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan harus dilalui langkah demi langkah pada setiap fasenya. Perkembangan gerak anak merupakan hal yang penting untuk tumbuh kembangnya. Namun perkembangan zaman saat ini banyak menghabiskan waktu anak di depan televisi dan gadgetnya. Kemudahan transportasi juga membuat waktu aktivitas gerak anak menjadi berkurang. Minimnya kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah membuat waktu aktivitas fisik intensif anak dibatasi dengan waktu hanya 3 jam pelajaran pendidikan jasmani dalam seminggu.

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pola waktu beraktivitas fisik peserta didik kelas 1 sampai dengan kels 6 dataran rendah di SD Negeri 1 Bantur dalam kurun waktu seminggu.Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampel menggunakan teknik stratified randomsampling. Sampel yang digunakan sebanyak 135 siswa mencakup siswa dan siswi kelas 1-6 dengan rincian kelas 1 sebanyak 25 siswa, kelas 2 sebanyak 26 siswa, kelas 3 sebanyak 18 siswa, kelas 4 sebanyak 23 siswa, kelas 5 sebanyak 21 siswa, dan kelas 6 sebanyak 22 siswa.

Hasil pengolahan data menggunakan uji normalitasshapiro-wilk, uji Kruskall-wallis dan uji mann-whitney. Waktu keseluruhan setiap masing-masing tingkatan kelas akan dihitung. Hasilnya menunjukkan waktu beraktivitas fisik siswa kelas 1 dan kelas 2 memiliki signfikansi .001 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata waktu aktivitas fisik yang dilakukan pada tingkatan kelas tersebut.Kemudian hasil waktu keseluruhan kelas 2 dan 3 memiliki signifikansi .000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada waktu beraktivitas fisik yang dilakukan oleh kedua tingkatan kelas tersebut.Lalu hasil waktu keseluruhan beraktivitas fisik kelas 3 dan 4 menunjukkan signifikansi sebesar .004 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada waktu aktivitas fisik siswa pada tingkatan kelas tersebut.Kemudian hasil keseluruhan waktu beraktivitas fisik siswa kelas 4 dan 5 memiliki signifikansi .000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari waktu aktivitas fisik kedua kelas tersebut. Pada kelas terakhir, yaitu hasil keseluruhan waktu beraktivitas fisik kelas 5 dan 6 ini memiliki signifikansi sebesar .040 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan waktu beraktivitas fisik dari kedua kelas terakhir ini.

Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas fisik anak mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 memiliki perbedaan dari segi waktu aktivitas yang dilakukan saat berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah