SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Pendidikan Jasmani dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMAN & SMKN se-Kabupaten Tulungagung

widhea wahyu anantha

Abstrak


ABSTRAK

 

Anantha, Widhea Wahyu. 2019. Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Pendidikan Jasmani dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMAN & SMKN se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes

 

Kata Kunci: identifikasi, masalah yang dihadapi guru pendidikan jasmani

Pendidikan memiliki peran untuk mengubah tata laku seseorang melalui upaya pengajaran dan pelatihan, sedangkan pengajaran sendiri memiliki beberapa tahapan yang harus dipenuhi seperti, (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) sarana prasarana penunjang pembelajaan, (3) evaluasi pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu proses pembelajaran yang telah berjalan sebagaimana yang direncanakan sebelumnya. Namun peneliti menemukan beberapa pendidik yang tidak melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan prosedur. Peneliti juga menemukan bahwa masih banyaknya masalah dalam aspek sarana prasarana penunjang pembelajaran serta aspek evaluasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru pendidikan jasmani di SMAN dan SMKN se-Kabupaten Tulungagung dan alternatif solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani tersebut.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Maret sampai dengan 30 Maret 2019 bertempat di SMAN & SMKN se-Kabupaten Tulungagung. Populasi yang digunakan adalah 40 guru pendidikan jasmani kelas X dan XI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup, sedangkan penghitungan dengan menggunakan teknik persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah di SMAN & SMKN se-Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari: 1) kurangnya angka persentase guru yang membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran, 2) prasarana yang dikategorikan masih kurang dalam segi kualitas, 3) beberapa guru tidak menyampaikan kembali materi yang kurang tuntas, sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian juga ditemukan alternatif solusi seperti 1) memberikan contoh atau demontrasi untuk memudahkan siswa dalam menerima materi, 2) memodifikasi permainan sehingga dapat menyesuaikan dengan sarana dan prasarana, 3) memodifikasi prasarana sehingga dapat digunakan sesuai dengan jumlah siswa, 4) menyusun RPP bersama dengan guru pendidikan jasmani yang lain. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan analisis data keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hampir sebagian guru di SMAN & SMKN se-Kabupaten Tulungagung mempunyai masalah yang sama, dan sudah melakukan upaya untuk melaksanakan alternatif solusi guna mengatasi masalah yang sedang dialami.

Saran untuk bapak/ibu guru untuk selalu menyiapkan segala keperluan proses pembelajaran, selain itu dalam bidang sarana prasarana juga harus selalu mendapatkan perhatian guna menunjang hasil belajar siswa, guru juga memiliki kewajiban untuk selalu melakukan evaluasi agar dapat mengetahui perkembangan dan kesalahan yang perlu diperbaiki.

 

SUMMARY

 

Anantha, Widhea Wahyu. 2019. Identification of Problems Faced by Physical Education Teachers in the Implementation of Learning in Senior High School & Vocational School Students in Tulungagung District. Essay. Thesis, Department of Physical Education and Health. Sports Science of Faculty, State University of Malang. Advisor: Dr LokanantaTeguh Hari WigunoM.Kes

 

Keywords: identification, problems faced by physical education teachers

Teachers have an important role for education in each school eitther junior and senior high school, the teacher also has a responsibility to improve student learning outcomes. But there are many problems that are often faced by physical education teachers in the implementation of learning in high schools and vocational schools throughout Tulungagung.

                This study aims to find out the problems faced by physical education teachers at senior high school and vocational highschool throughout Tulungagung district and alternative solutions made by the physical education teacher.

This study uses a qualitative descriptive research design. The research was conducted on March 1st to March 30th, 2019 at the senior high school & vocational high schools throughout Tulungagung district. The population used was 40 physical education teachers in class X and XI. Data collection is done by using a closed questionnaire technique, while counting using percentage techniques.

The results showed that there were several problems in the senior high schools & vocational schools throughout Tulungagung district which consisted of: 1) lack of percentage numbers of teachers who made the design of learning implementation, 2) infrastructure categorized as still lacking in terms of quality, 3) some teachers did not return material less complete, according to the curriculum. Based on the results of the study also found findings such as physical education teachers using alternative solutions such as 1) giving examples or demonstrations to facilitate students in accepting material, 2) modifying the game so that it can adapt to facilities and infrastructure, 3) modifying the infrastructure so that it can be used according to the number of students , 4) compile lesson plans together with other physical education teachers. Thus, based on the results of the overall research and data analysis, it can be concluded that almost all teachers at senior high school & vocational high school throughout Tulungagung district have the same problem, and have made efforts to implement alternative solutions to overcome the problems being experienced.

Suggestions for the Mr/Mrs to always prepare all the needs of the learning process besides that in the field of infrastructure must also always get attention to support student learning outcomes, the teacher also has the obligation to always evaluate so that they can know the developments and errors that need to be corrected.