SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMK NEGERI 3 MALANG

Frangky Dwi Mulyana

Abstrak


RINGKASAN

 

Mulyana,Frangky Dwi. 2019. Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd., (II) GemaFitriady, S.Pd., M.Pd.,

                                                                              

Kata Kunci: minat siswa, pembelajaran pendidikan jasmani.

Minat siswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal prestasi siswa. Siswa yang memiliki minat dan motivasi yang tinggi akan berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan sesuatu agar mendapat hasil yang diinginkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMK Negeri 3 Malang. Sampel penelitian sebanyak 90 siswa kelas X-XII. Kemudian peneliti menyebarkan angket yang pengambilan secara simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji prasyarat yaitu uji validitas (instrumen) dan uji reliabilitas.

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas X-XII SMK Negeri 3 Malang dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.Metode yang digunakan adalah survei, teknik pengambilan data menggunakan angket, skor yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan analisis diskripstif dan kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase

Dari hasil analisis data, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian. Pertama, hasil minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMK Negeri 3 malang adalah tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori tinggi yaitu sebanyak 36 siswa atau 40%. Kedua, hasil dari sarana prasarana mengenai minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMK Negeri 3 Malang adalah tinggi yaitu sebanyak 36 siswa atau 40%. Ketiga, dari ke 5 guru olahraga di SMK Negeri 3 Malang frekuensi terbanyak mengenai minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani di guru Pendidikan Jasmani B dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori sangat tinggi 11 siswa 61%.

Kesimpulan bahwa hal ini di pengaruhi oleh kelengkapan sarana prasarana yang ada. Faktor dari dalam siswa sendiri juga cukup berpengaruh terhadap minat siswa memberikan pengaruh lebih baik. Peranan guru Pendidikan Jasmani di SMK Negeri 3 Malang sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa dan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian dimana guru Pendidikan Jasmani Bmendapatkan hasil paling tinggi bahwa metode pembelajaran guru sangat berpengaruh terhadap siswa.