SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aktivitas Play and Game Untuk Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek

Aprischa Intan Saputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Intan, Aprischa. 2019. Pengembangan Aktivitas Play and Game Untuk Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Lokananta  Teguh Hari Wiguno, M.Kes

 

Kata Kunci: Play and Game, Pembelajaran, Passing Bawah Bolavoli

Hasil observasi di SMA Negeri 2 Trenggalek dilakukan pada hari Senin, 22 Oktober 2018 ditemukan beberapa masalah yang diperoleh dari pengamatan peneliti sebagai berikut: (1) Pembelajaran pendidikan jasmani di dalam kelas guru belum memanfaatkan fasilitas yang tersedia (belum memanfaatkan proyektor dengan sebaik-baiknya). (2) Guru hanya menggunakan referensi sumber belajar yang ada (modul, buku pegangan guru). (3) Guru kurang dalam memberikan wawasan teori khususnya teknik dasar pada materi pendidikan jasmani, (4) Sebagian besar peserta didik pasif dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi tertentu. (5) Penguasaan peserta didik dalam keterampilan gerak passing bawah bolavoli termasuk kurang (indikator dalam passing bawah bolavoli belum tersampaikan dengan baik).

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan aktivitas play and game passing bawah bolavoli, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Prosedur pengembangan ini menggunakan model Brog & Gall yang lebih disederhanakan, yaitu terdiri dari : (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data berupa wawancara pada guru pendidikan jasmani, penyebaran angket kepada guru pendidikan jasmani beserta 40 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek. (2) Mengembangkan bentuk produk awal. (3) Justifikasi produk awal oleh satu orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani, satu orang ahli permainan bolavoli, satu orang ahli modifikasi play and game, dan satu orang ahli media, serta melakukan revisi produk awal sesuai saran dan tinjauan dari para ahli. (4) Uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 10 subjek. (5) Melakukan revisi produk awal berdasarkan uji coba yang dilakukan pada kelompok kecil. (6) Uji coba kelompok besar dengan melibatkan 30 subjek. (7) Melakukan revisi produk berdasarkan uji coba yang dilakukan pada kelompok besar.

Berdasarkan hasil penilaian validasi dari para ahli diperoleh tingkat validitas dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani sebesar 71,5%, dari ahli permainan bolavoli sebesar 76,62%, dari ahli modifikasi play and game sebesar 90,67%, dan ahli media sebesar 93,12%. Berdasarkan hasil kelompok kecil dari peserta didik diperoleh tingkat validitas sebesar 92,36%, dari guru pendidikan jasmani sebesar 82,29%, sedangkan dari kelompok besar dari peserta didik diperoleh tingkat validitas sebesar 89,46%, dan dari guru pendidikan jasmani sebesar 81,25%.

Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut peneliti memberi kesimpulan dan saran bahwa play and game passing bawah bolavoli layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran.