SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodox Menggunakan Peluru modifikasi dan Permainan Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kepanjen

Adi Tri Wardana

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardana, Adi Tri. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodox Menggunakan Peluru modifikasi dan Permainan Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan, M.Pd., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: tolak peluru, gaya ortodox, peluru modifikasi, permainan.

Tolak peluru gaya ortodox merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang diajarkan di SMK Negeri 1 Kepanjen. Berdasarkan wawancara dan pengamatan proses pembelajaran diperoleh informasi bahwa pendidik dalam menerapkan pembelajaran tanpa adanya variasi gerakan karena peserta didik hanya melakukan tolakan secara bergantian dengan menggunakan sarana peluru standar 2 kg yang membuat peserta didik terbebani dalam menahan berat peluru. Pada saat tes keterampilan tolak peluru gaya ortodox diperoleh data keberhasilan pada variabel posisi memegang peluru 47,2%, sikap awalan 36,2%, tolakan 30,5%, dan sikap akhir 44,4%. Sehingga belum sepenuhnya peserta didik mendapatkan hasil yang maksimal.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan tolak peluru gaya ortodox kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 SMK Negeri 1 Kepanjen. Untuk itu diperlukan metode dan sarana modifikasi agar pembelajaran mendapatkan hasil signifikan sesuai dengan Permendikbud No.330 Tahun 2017.

Metode menggunakan model dari Suharsimi Arikunto dengan 1 siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dalam melaksanakan PTK, peneliti menggunakan metode bermain dan peluru modifikasi untuk mempermudah proses belajar peserta didik dalam melakukan gerakan tolak peluru gaya ortodox.

Hasil penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kepanjen diperoleh data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes keterampilan tolak peluru gaya ortodox yang berupa angka. Hasil pembelajaran melalui siklus I dan siklus II mengalami peningkatan mulai dari teknik memegang peluru 72,2% menjadi 94,4%, awalan 55,5% menjadi 86,1%, tolakan 47,2% menjadi 83%, dan sikap akhir 61,1% menjadi 100%.

Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan peluru modifikasi dan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kepanjen Tahun pelajaran 2018-2019. Oleh karena itu, saran untuk pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat menggunakan peluru modifikasi dan metode bermain agar peserta didik lebih antusias sehingga hasil belajar peserta didik lebih maksimal.