SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Bolavoli Gandu Level II Menggunakan Metode Bagian dan Metode Keseluruhan Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Servis Bawah Bolavoli Pada Peserta didik Kelas VII SMPN 21 Malang

Azza Lutfara Fathurrahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfara, Azza F. 2019. Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Bolavoli Gandu Level II Menggunakan Metode Bagian dan Metode Keseluruhan Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Servis Bawah Bolavoli Pada Peserta didik Kelas VII SMPN 21 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Asim, M. Pd.

 

Kata kunci: Bolavoli Gandu Level II, Bolavoli, Servis Bawah Bolavoli

Permainan bolavoli gandu level II secara umum bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan pengertian bermain memvoli bola menggunakan seluruh anggota tubuh, agar mempermudah dan mengurangi resiko cedera dalam memainkan permainan secara individu maupun berkelompok, serta meningkatkan kebugaran jasmani untuk siswa sekolah menengah pertama. Permainan bolavoli adalah permainan yang dimainkan oleh dua grub yang saling berlawanan, masing-masing grub berjumlah enam orang. Permainan ini dilakukan dengan cara memukul bola melewati net secara bolak-balik.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu lebvel II menggunakan metode bagian dan metode keseluruhan terhadap hasil belajar keterampilan servis bawah bolavoli pada peserta didik kelas VII SMPN 21 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan two group, pretest, posttest, design. Variabel bebas bolavoli gandu metode bagian dan keseluruhan, variabel terikat keterampilan servis bawah bolavoli. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 21 Malang yang berjumlah 32 peserta didik dengan 16 peserta didik  kelompok bolavoli gandu metode bagian dan 16 peserta didik kelompok bolavoli gandu metode keseluruhan.

Berdasarkan uji Anava satu arah (One Way Anova) dengan signifikasi α = 0,05, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok pembelajaran bolavoli gandu metode bagian memperoleh Sig (p) 0,000 0,05, dengan rata-rata skor pretest 55, 1250 dan posttest 95,6875, maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar servis bawah bolavoli. (2) Kelompok pembelajaran bolavoli gandu metode keseluruhan memperoleh Sig (p) 0,000 0,05, dengan rata-rata skor pretest 49, 4357 dan posttest 84, 6875, maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar servis bawah bolavoli. (3) Hasil uji hipotesis data posttest bolavoli gandu metode bagian dan metode keseluruhan memperoleh Sig (p) 0,02   0,05, dengan rata-rata 40, 5625 untuk kelompok metode bagian, dan rata-rata 35, 25 untuk kelompok metode keseluruhan, maka dapat diketahui ada perbedaan rata-rata dari kedua kelompok.

Berdasarkan dari eksperimen bahwa pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bagian lebih baik dibandingkan pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode keseluruhan terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis bawah bolavoli, maka disarankan pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bagian dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan servis bawah bolavoli pada peserta didik kelas VII SMPN 21 Malang.