SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN MINAT TERHADAP PERMAINAN BOLAVOLI GANDU LEVEL II DAN BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS VII MTsN KOTA BATU

Fernadiksa Rasta Putra Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, F. R. P. 2019. Perbandingan Minat terhadap Permainan Bolavoli Gandu Level II dan Bolavoli Mini pada Siswa Kelas VII MTsN Kota Batu. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: bolavoli gandu level II, bolavoli mini, dan minat

Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan untuk mengembangkan tiga unsur yaitu kognitif, afektif, dan pesikomotor. Tujuan dari pembelajaran pendidikan jasmani adalah memberi rasa senang terhadap siswa. Masalah yang timbul pada sekolah MTsN Kota Batu yaitu minat siswa terhadap pembelajaran bolavoli menurun, dikarenakan faktor 1) ukuran lapangan yang sangat lebar, 2) ukuran net yang sangat tinggi, 3) bola yang digunakan keras. Melalui permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini diharapkan minat siswa meningkat terhadap pembelajaran bolavoli melalui keunggulan masing-masing permainan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: 1) mengetahui pengaruh minat siswa terhadap permainan bolavoli gandu level II, 2) mengetahui pengaruh minat siswa terhadap permainan bolavoli mini, dan 3) mengetahui perbedaan pengaruh minat dari permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini.

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan “The Two Group Pretest-Posttest Design”dengan penempatan kelompok yang diacak. Variabel bebas yang dimanipulasikan adalah 1) bolavoli gandu level II, 2) bolavoli mini. Variabel terikat adalah minat. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas VII MTsN Kota Batu. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitianiniadalahteknikanalisisvarians satujalur.

Hasil penelitian ini adalah:1) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest minat terhadap permainan bolavoli gandu level II dengan probabilitas 0,000   0,05. Jadi, terdapat pengaruh permainan bolavoli gandu level II terhadap minat pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu.2) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest minat terhadap permainan bolavoli mini dengan probabilitas 0,000   0,05. Jadi, terdapat pengaruh permainan bolavoli mini terhadap minat pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu.3) tidak ada perbedaan rata-rataskor posttest minat terhadap permainan bolavoli gandu level II dan permainan bolavoli mini dengan probabilitas 0,110 > 0,05. Jadi, tidak ada perbedaan pengaruh permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap minat pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu.

Dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu: 1) permainan bolavoli gandu level II berpengaruh terhadap minat dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu, 2) permainan bolavoli mini berpengaruh terhadap minat dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu, 3) tidak ada perbedaan pengaruh permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap minat pada siswa kelas VII MTsN Kota Batu.