SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Kelas X terhadap Konsep Pendidikan Jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Banyuwangi

mohamad wahyu pribadi

Abstrak


Persepsi yang baik akan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di sekolah. Dengan adanya peningkatan daya tarik terhadap pelajaran pendidikan jasmani peserta didik akan mudah memahami dan aktif dalam hal menerima materi pembelajaran. Persepsi yang sempit dan keliru terhadap konsep pendidikan jasmani dan tujuan pendidikan yang terkandung didalamnyatidakakantercapai. Berdasarkan wawancara dengan ketua MGMP guru penjasorkes SMA/SMK Kab. Banyuwangi bahwa tidak pernah mengetahui persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani. Sedangkan di Dinas Cabang SMA/SMK Pendidikan Kabupaten Banyuwangi belum ada data tentang persepsi siswa.

Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana tingkat persepsi dan perbedaan persepsi siswa antara laki-laki dan perempuan kelas X terhadap konsep pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Banyuwangiberjumlah 370 siswa yang terdiri dari 185 siswa laki-laki dan 185 siswi perempuan. SMK Negeri se-Kabupaten Banyuwangi terdiri dari SMKN Darul Ulum, SMKN Wongsorejo, SMKN Kalibaru, SMKN 1 Kalipuro, SMKN Ihya Ulumudin, SMKN 1 Tegalsari, SMKN 2 Tegalsari, SMKN 1 Banyuwangi, SMKN 1 Glagah. Instrumen tes yang digunakan adalah kuisioner jenis inventori. Analisis data yang digunakan deskriptif statistik persentase dan uji beda mean u mann whitney test.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas X terhadap konsep pendidikan jasmani sebesar 78,30 %. Pada aspek pengertian pendidikan jasmani 85,33 %, Aspek tujuan pendidikan jasmani 84,47 % dan aspek kegiatan pendidikan jasmani 69,65 %. Sedangkan uji beda mendapat nilai probabilitas signifikansi 0,000. Hasil tersebut mendapat probabilitas dibawah 0.05, maka Ho ditolak.

 

Dapat disimpulkan bahwa tingkat persepsi siswa kelas X terhadap konsep pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Banyuwangi termasuk dalam kategori baik. Komponen persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani meliputi: aspek pengertian pendidikan jasmani termasuk dalam kategori sangat baik, aspek tujuan pendidikan jasmani termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek kegiatan pendidikan jasmani termasuk dalam kategori baik. Sedangkan tingkat persepsi siswa laki-laki dan perempuan berbeda secara signifikan.