SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Madiun.

KURNIAWATI RATNA

Abstrak


RINGKASAN

 

Ratna, Kurniawati. 2019. Pengaruh Pembelajaran Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes.

Kata Kunci: pembelajaran, modifikasi, dribble, bolabasket

 

            Peneliti telah melakukan observasi awal yang dilakukan terhadap keterampilan dribble bolabasket dan diperoleh sebagian besar hasil observasi 19 dari 34 orang peserta didik (55,88%). Berarti keterampilan peserta didik berada di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimum) yaitu 70. Agar peserta didik mencapai standar minimal ketuntasan, maka peneliti tertarik untuk memberikan pembelajaran yang terkait dengan jenis keterampilan yang diberikan. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Dribble Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII  SMP Negeri 10 Madiun”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran dribble menggunakan bolavoli dan bolabasket, dan mengkaji mana yang lebih baik diantara pembelajaran dribble menggunakan bolavoli dan bolabasket terhadap peningkatan hasil belajar dribble bolabasket peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Madiun.

Rancangan penelitian menggunakan eksperimental bentuk Randomized Control Groub Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian peserta didik kelas VII A VII B di SMP Negeri 10 Madiun berjumlah 38 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik systematic purposiveproportional random samplingdengan persentase sebesar 90% dari 38 peserta didik. pembagian kelompok menggunakan teknik ordinal pairing yang masing-masing kelompok berjumlah 17 orang, yaitu kelompok pembelajaran menggunakan bolavoli dan menggunakan bolabasket. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik bentuk tes yaitu keterampilan dribble bolabasket, teknik eksperimen (treatment), dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis variasn satu jalur (one way anova) dan data dianalisis secara manual dengan bantuan kalkulator casio F 3900 PV

Berdasarkan hasil analisis variaan satu jalur (one ay anova) tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) keterampilan dribble masing-masing kelompok diperoleh koefisien Fhitung = 6,10828 > Ftabel α 0,05 = 4,149, hasil analisis uji lanjut menggunakan teknik leat significance difference (LSD) diperoleh hasil  vs  = 6,66994 > LSD α 0,05 = 5,49716, berarti ada pengaruh antara pembelajaran dribble menggunakan bolavoli dan bolabasket terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dribble bolabasket peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Madiun

Kesimpulan dari peneliti ini adalah Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan bolavoli dengan bolabasket terhadap peningkatan hasil belajar dribble bolabasket. Pembelajaran menggunakan bolavoli lebih baik di bandingkan dengan menggunakan bolabasket pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Madiun.Saran dan masukan yang dapat dipertimbangkan bagi guru PJOK, bagi peserta didik, bagi sekolah