SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Ponorogo.

ENRICO ALVISTA BRILLIANT ARSYENDI

Abstrak


RINGKASAN

 

Arsyendi, Enrico Alvista Brilliant. 2019. Pengaruh Pembelajaran Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Ponorogo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes.

Kata Kunci:pembelajaran, modifikasi, passing, bolabasket

 

Peneliti telah melakukan observasi awal terhadap keterampilan passing bolabasket dan hasil observasi diperoleh sebagian besar skor tes awal dibawah batas minimal yaitu berjumlah 18 dari 32 peserta didik (56,25%).Berarti keterampilan peserta didik berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75.Agar peserta didik mencapai standart minimal ketuntasan maka penting diberikan materi pembelajaran yang terkait dengan jenis keterampilan yang diberikan. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Passing Modifikasi Bola Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bolabasket Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Ponorogo”.

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pembelajaran passing bolabasket menggunakan bolavoli dan bolabasket, serta mengkaji mana diantara pembelajaran menggunakan bolavoli dan bolabasket yang lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar passing bolabasket peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Ponorogo.

Rancangan penelitian menggunakan rancangan eksperimental bentuk randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitianpeserta didik kelas VII A di SMPNegeri 2 Ponorogo berjumlah 36 peserta didik. Pengambilan sampelmenggunakan teknik systematic purposive proporsional random sampling dengan presentase sebesar 90% dari 36 peserta didik. Pembagian kelompokmenggunakan teknik ordinal pairing matching dengan masing-masing kelompok berjumlah 16 orang, yaitu kelompok pembelajaran menggunakan bolavoli danbolabasket. Perlakuan dilakukan selama 6 minggu, 2 kali dalam seminggu pada hari Rabu dan Jumat. Pengumpulan datamenggunakan teknik pengukuran bentuk tes yaitu tes keterampilan berupates passing ke dinding, teknik eksperimen, dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis varian satu jalur (one way anova) dan data dianalisis secara manual dengan bantuan kalkulator Casio FX 3900 PV.

Berdasarkan hasil analisis varian satu jalur (one way anova) diperoleh Fhitung = 7,9944 > Ftabel α 0,05 = 4,170, serta hasil analisis uji lanjut menggunakan teknik Leat Significance Difference (LSD), diperoleh hasil  vs  = 0,6875 > LSD α 0,05 = 0,4965, berarti ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran passing menggunakan bolavoli danbolabasket terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing bolabasket peserta didik kelas VII A SMPNegeri 2 Ponorogo.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran passing menggunakan bolavoli dan bolabasket terhadap peningkatan hasil belajar passing bolabasket. Pembelajaranpassingmenggunakan bolavoli lebih baik di bandingkan dengan pembelajaranpassing menggunakan bolabasket pada peserta didik kelas VII A SMPNegeri 2 Ponorogo.Saran dan masukan dapat dipertimbangan bagi guru PJOK, bagi peserta didik, bagi sekolah SMPNegeri 2 Ponorogo, bagi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan bagi peneliti lainnya sebagai bahan evaluasi pembelajaran passing bolabasket yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan media informasi untuk mengembangkan penelitian serupa dengan objek dan subjek yang berbeda.