SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat MTs Negeri di Kota Kediri

Diqiliana Nur Camelia Lita Arafi

Abstrak


RINGKASAN

 

Arafi, D. N. C. L. 2019. Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat MTs Negeri di Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes.

 

Kata Kunci: kebugaranjasmani, TKJI, Pencaksilat

 

Peserta kegiatanekstrakurikuler pencaksilat MTs Negeri di Kota Kediri perlu memiliki kebugaran jasmani yang baik, karena tanpa memiliki kebugaran jasmani yang baik tentunya seorang peserta kegiatan ekstrakurikuler pencak silat akan mengalami kesulitan dalam melakukan berbagai teknik dasar pencak silat seperti pasang, langkah, serangan, dan belaan. Berdasarkan pengamatan awal di MTs Negeri yang ada di Kota Kediri, masing-masing sekolah masih belum memiliki data awal mengenai tingkat kebugaran jasmani peserta kegiatan ekstrakurikuler pencaksilat. Oleh karena itu,  penting dilakukan penelitian tentang kebugaran jasmani dengan judul “Survei Kebugaran Jasmani Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat MTs Negeri di Kota Kediri”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta kegiatan ekstrakurikuler pencak silat MTs Negeri di Kota Kediri. Rancangan penelitian adalah rancangan penelitian dekriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Subjek penelitian yang diambil 64 peserta yang terdiri dari peserta kegiatan ekstrakurikuler pencak silat MTs Negeri 1 Kota Kediri sebanyak 26 peserta dan peserta ekstrakurikuler pencak silat MTs Negeri 2 Kediri sebanyak 38 peserta. Penelitian ini menggunakan instrument tes dan non tes. Teknik pengukuran bentuk tes yaitu tes kebugaran jasmani menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13 sampai 15 tahun. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Tingkat kebugaran jasmani peserta kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MTs Negeri 1 Kota Kediri termasuk dalam kategori baik (69,2%) dan tingkat kebugaran jasmani peserta kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MTs Negeri 2 Kota Kediri termasuk dalam kategori sedang (65,8%).

Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kebugaran jasmani peserta kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga pencak silat di MTs Negeri Kota Kediri secara keseluruhan dominan termasuk kategori sedang(46,9%). Saran peneliti, jika ingin meningkatkan kebugaran jasmani yang baik, perlu dilakukan aktivitas fisik yang rutin.