SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI KONSEP PJOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA MALANG

YULIANA TRI MAYA

Abstrak


RINGKASAN

Yuliana, Tri Maya. 2019. Persepsi Konsep PJOK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas IlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd.,M.Pd., (II) GemaFitriady, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: persepsi, konsep PJOK

Peran pendidikan jasmani sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain dan aktivitas olahraga secara sistematis. Melalui PJOK, di dalam diri manusia akan tertanam tiga ranah yaitu kognitif/pengetahuan, afektif/sikap, dan psikomotor/keterampilan. Tiga ranah tersebut adalah satu kesatuan yang harus dilaksanakan dalam proses pembejalaran PJOK. Persepsi siswa tentang konsep PJOK mempengaruhi proses kegiatan pembelajaran, siswa selama ini beranggapan bahwa matapelajaran pendidikan jasmani hanya mempelajari gerak keterampilan, sehingga proses kegiatan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan tujuan. Dengan adanya persepsi siswa yang baik tentang konsep PJOK, maka siswa mampu mengembangkan dan mengontrol diri sendiri dalam hal-hal positif, mampu bekerja sama dengan lingkungan, menyukai aktivitas olahraga, serta memperoleh berbagai ungkapan yang erat hubungannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan dan berbagai ungkapan yang kreatif, inovatif, terampil, memiliki kebugaran jasmani dan kebiasaan hidup sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi konsep PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Malang. Dalam mencapai pemahaman konsep PJOK, siswa perlu memiliki persepsi yang baik tentang konsep PJOK.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Rancangan dalam penelitian ini diawali tahap pengumpulan data dengan pemberian kuesioner kepada seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Malang. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan dari 800 responden dapat dijelaskan bahwa persepsi siswa kelas VIII tentang konsep PJOK tergolong baik dengan persentase 76%. Hal ini disebabkan siswa telah memiliki persepsi yang baik terhadap konsep PJOK yg terdiri dari pengertian PJOK dengan persentase 79%, tujuan PJOK dengan persentase 71%, kegiatan PJOK dengan persentase 79%. Tetapi dalam pengertian PJOK dengan indikator sikap dan perilaku disiplin, kejujuran, kerja sama dan mengikuti peraturan yg berlaku, persepsi siswa kurang baik dengan persentase 36%.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi konsep PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Malang tergolong baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk guru agar dapat memperbaiki proses pembelajaran atau cara penyampaian materi kepada siswa agar siswa dapat memahami konsep PJOK dengan benar, sehingga tidak akan menimbulkan salah persepsi dalam penilaian konsep PJOK.