SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATANDISEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN NGORO KABUPATEN JOMBANG

BAYU SETYO NUGROHO

Abstrak


  RINGKASAN

 

 

Nugroho, Bayu Setyo. 2019. Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eko Hariyanto, M.Pd

 

Kata kunci: sarana dan prasarana, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan,

                                                sekolah dasar negeri

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh betapa beragamnya ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, dari data observasi awal, ketersediaan SD Negeri Genukwatu I memiliki sebanyak 64,10% sarana dan 66,67% prasarana, SD Negeri Genukwatu II sarana 58,97% dan prasarana 50% dan SD Negeri Genukwatu III sarana 51,28% dan 50% prasarana 12.Berdasarkan hasil tersebut peneliti melihat adanya ketersediaan sarana dan prasarana yang belum dapat diketahui datanya secara akurat melalui kegiatan penelitiandi SD Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei, subjek dari penelitian ini adalah SD Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang yang berjumlah 10 sekolah. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian kelayakan dan ketersedian sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD Negeri Se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang,SD Negeri Rejoagung II dengan memperoleh 37,93% dan 51,72%, SD Negeri Rejoagung Imemperoleh 13,79 % dan 20,69 dan SD Negeri Genukwatu II27,59 % dan 41,38 % ,SD Negeri Genukwatu III27,59 % dan 37,93%, SD Negeri Genukwatu IV27,59 % dan37,93%, SD Negeri Badang III27,59 % dan 41,38% , SD Negeri Kauman I27,59 % dan 51,72, SD Negeri Rejoagung III 27,59 % dan 37,93% sedangkan SD Negeri Genukwatu I memperoleh 27,59 % dan 58,62 % dan SD Negeri Pulorejo III memperoleh 17,24 % dan 37,93 %.

Dapat disimpulkan bahwa kelayakan dan ketersedian sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang dengan data kesuluruhan, memperoleh kelayakan dengan kategori Nilai E (Sangat Kurang) dan ketersedian dengan kategori Nilai E (Sangat Kurang), kecuali SD Negeri Genukwatu I memperoleh kategori D (Kurang). Saran bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis, penelitian ini dapat digunakan sebagai wacana dan tolak ukur untuk dapat dikembangkan dalam instrumen penelitian dan populasi yang lebih luas.