SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPembelajaranPermainanBolavoliGanduMenggunakanMetode Drill Dan BermainterhadapKeterampilan Passing BawahBolavoliGandupadaPesertaDidikKelas V SDNSukorejo I KabupatenBojonegoro

PRATAMA ADITYA PUTRA

Abstrak


RINGKASAN

Pratama, A. P. 2018. Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola voli Gandu Menggunakan Metode Drill Dan Bermain terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola voli Gandu pada Peserta Didik Kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro .Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd.

Kata Kunci: bola voli gandu, metode drill, metode bermain, dan keterampilan passing bawah bola voli gandu

Dalam pendidikan jasmani di Sekolah Dasar terdapat materi pembelajaran bola voli. Materi tersebut membuat guru pendidikan jasmani mengalami banyak masalah. Contoh masalah yang di hadapi adalah peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan sulit saat mempraktekan teknik dasar bola voli, karena fasilitas dan alat tidak sesuai dengan perkembangan karakteristik peserta didik sehingga banyak peserta didik tidak memiliki keterampilan bola voli dengan baik. Setelah melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani di SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro masalah tersebut juga dialaminya ketika memberi pembelajaran bola voli. Agar pembelajaran bola voli berjalan sesuai harapan, peneliti memberikan permainan bola voli gandu menggunakan metode drill dan bermain yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli gandu pada peserta didik SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan two group pretest post test design pada kelompok metode drill dan bermain. Penelitian dilakukan selama 18 kali pertemuan dengan rincian 3 kali dalam seminggu. Subyek penelitian ini berjumlah 36 peserta didik kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro

Berdasarkan hasil pretest dan post test kelompok pembelajaran permainan bola voli gandu menggunakan metode drill dengan taraf signifikansi 0,00< 0,05 maka terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan passing bawah peserta didik. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelompok pembelajaran permainan bola voli