SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI TENTANG PEMAHAMAN PERATURAN PERMAINAN FUTSAL PADA WASIT FUTSAL ASOSIASI KABUPATEN JEMBER DAN WASIT FUTSAL ASOSIASI KABUPATEN SIDOARJO

MOH HILMAN EKI FEBRIYANTO

Abstrak


RINGKASAN

 

Febriyanto, E. H. M. 2019. Survei Tentang Pemahaman Peraturan Permainan Futsal pada Wasit Futsal Asosiasi Kabupaten Jember dan Wasit Futsal Asosiasi Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd, (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: futsal, wasit, peraturan permainan.

 

Futsal merupakan cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, baik anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Permainan olahraga ini mudah dimainkan oleh siapa saja, bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan, dengan membutuhkan lapangan yang tidak terlalu besar. Berdasarkan hasil observasi wawancara dengan ketua komite wasit futsal Asosiasi Kabupaten Jember dan Asosiasi Kabupaten Sidoarjo, bahwa masih banyak anggota wasit futsal yang masih belum mampu menguasai peraturan permainan futsal pada saat memimpin suatu pertandingan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman wasit futsal Asosiasi Kabupaten Jember dan wasit futsal Asosiasi Kabupaten Sidoarjo terhadap peraturan permainan futsal.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan datanya. Subjek dalam penelitian ini adalah wasit futsal Asosiasi Kabupaten Jember yang berjumlah 40 orang dan wasit futsal Asosiasi Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 40 orang.

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa wasit futsal Asosiasi Kabupaten Jember sebanyak 9 orang (22,5%) memiliki pemahaman yang tinggi, sedangkan sebanyak 29 orang (72,5%) memiliki pemahaman yang sedang, dan sebanyak 2 orang (5%) memiliki pemahaman yang rendah. Wasit futsal Asosiasi Kabupaten Sidoarjo sebanyak 6 orang (15%) memiliki pemahaman yang tinggi, sedangkan sebanyak 29 orang (72,5%) memiliki pemahaman yang sedang, dan sebanyak 5 orang (12,5%) memiliki pemahaman yang rendah.

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa wasit futsal Asosiasi Kabupaten Jember memiliki penilaian kategori “sedang” dalam memahami peraturan permainan futsal dan wasit futsal Asosiasi Kabupaten Sidoarjo memiliki penilaian kategori “sedang” dalam memahami peraturan permainan futsal. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti yang lain untuk meningkatkan pemahaman peraturan permainan futsal.