SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Drill dan Gaya Komando terhadap Hasil Belajar Keterampilan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 1 Plemahan Kabupaten Kediri

FINO ARDIANSYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainan futsal adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim dan setiap tim terdiri dari lima orang pemain. Ada beberapa teknik dasar dalam futsal antara lain dribbling, passing, shooting, dan controlling. Berdasarkan hasil tes keterampilan teknik dasar futsal dapat diketahui bahwa teknik dasar yang memiliki tingkat kesalahan paling banyak yaitu keterampilan shooting. Hal tersebut disebabkan karena pelatih jarang memberikan model latihan shooting. Salah satu model latihan yang dapat meningkatkan keterampilan shooting yaitu dengan menggunakan metode drill dan gaya komando.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan metode drill dan gaya komando terhadap hasil belajar keterampilan shooting peserta ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 1 Plemahan Kabupaten Kediri.

Rancangan penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu yang dilakukan kepada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Jumlah sampel yang digunakan 30 siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan shooting futsal yang akan diberikan pada saat ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 1 Plemahan usia 12-15 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah AnalisisVarians (ANAVA) satu jalur.

BerdasarkanhasilAnalisisVarians (ANAVA) satujalurpadatarafsignifikansi 0,05, diperolehtigahasilpenelitian: 1) Ada perbedaanpengaruh yang signifikanantara model latihanmetodedrill dan model latihangayakomandodenganFhitung2,42tabel4,20. 2) Metodedrill memberikanperbedaanpengaruh yang signifikanterhadapketerampilanshooting siswaekstrakurikulerfutsal denganFhitung4,08tabel4,20. 3) Gaya komandomemberikanperbedaanpengaruh yang signifikanterhadapketerampilanshooting siswaekstrakurikulerfutsal denganFhitung0,56tabel4,20.

Dari hasilpenelitiandanhasilanalisisdiperolehkesimpulanantara lain: 1) Ada perbedaanpengaruh yang signifikanantarapeningkatanketerampilanmenggunakanmetodedrill danlatihangayakomando. 2) Ada perbedaanpengaruh yang signifikanmetodedrill terhadapketerampilanshooting. 3) Ada perbedaanpengaruh yang signifikangayakomandoterhadapketerampilanshooting. Saran yang dapatdiberikanpenelitikepadapelatihekstrakurikulerfutsal SMP Negeri 1 PlemahanKabupaten Kediri, sebaiknyametodedrill dilakukanpadasaatlatihan. Metodeinisudahterbuktimemberikanperbedaanpengaruhteknikdasarketerampilanshooting siswaekstrakurikulerdenganberdasarkanhasilAnalisisVarians (ANAVA) satujalurdiketahuiFhitung4,08tabel4,20, makaterdapatperbedaanpengaruh yang signifikan.Sehinggametodedrill bisadigunakansebagaitambahanreferensidalammetodelatihandisaatpesertaekstrakurikulermengalamikebosananketikadiberikanlatihandenganmetode yang seringdigunakan.