SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Malang

Teo Klanadewa

Abstrak


Klanadewa, Teo. 2019.Survei Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd.

 

Kata kunci: pelaksanaan kurikulum 2013, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

 

Kurikulum adalah sebagai suatu perangkat mata pelajaran maupun program pendidikan yang memuat rancangan berbagai jenis pelajaran disekolah dan juga dikatakan sebagai suatu perencana yang nantinya digunakan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan.Kurikulum 2013 adalah kurikulum pengganti yang disusun untuk memperbaiki sistem pendidikan dan lebih menitik beratkan pada pendekatan saintifik, penilaian autentik dan tematik integratif dalam pembelajarannya.

            Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaankurikulum 2013 pada guru olahraga di SMA Negeri 8 Malang apakah sudah sesuai dengan kurikulum 2013 pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesesuaian pelaksanaan kurikulum 2013 pada guru olahraga di SMA Negeri 8 Malang dengan kurikulum 2013 pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Subjek pada penelitian ini yaitu guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) standar proses memperoleh hasil 106 dan skor maksimal 118 dengan hasil sebesar 89%ini dikatakan tinggi, yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 65 tahun 2013, (2) standar penilaian memperoleh skor 106 dan skor maksimal 156 dengan hasil sebesar 67% ini dikatakan tidak dapat dipakai, yang di dasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 66 tahun 2013, (3) standar kompetensi kelulusan diperoleh skor hasil 46 dan skor maksimal 48 dengan hasil sebesar 95% ini dikatakan baik sekali, yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 54 tahun 2013, (4) standar pengelolaan diperoleh skor hasil 56 dan skor maksimal 72 dengan hasil sebesar 77% ini dikatakan cukup,yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 19 tahun 2007, dan diperoleh skor keseluruhan 314 dan skor maksimal 394 diperoleh hasil sebesar 79% ini dikatakan cukup.

Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan kurikulum 2013 pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah AtasNegeri 8 Malang tingkat kesesuaian pelaksanaan kurikulum 2013 dikategorikan sesuai. Akan tetapi beberapa komponen perlu disesuaikan lagi dengan peraturan yang berlaku.