SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Pivot Bolabasket Dengan Menggunakan Variasi Latihan Pivot Bagi Tim Bolabasket Putri Smpk Mardi Wiyata Kota Malang

ANDI TEMMASONGE

Abstrak


Andi Temmasonge. 2019. Upaya Meningkatkan Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Pivot Bolabasket Dengan Menggunakan Variasi Latihan Pivot Bagi Tim Bolabasket Putri Smpk Mardi Wiyata  Kota Malang. Skripsi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Usman Wahyudi S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : teknik dasar pivot, bolabasket, variasi latihan.

 

Bolabasket adalah olahraga menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu, baik putra maupun putri. Setiap regu terdiri dari 5 pemain di dalam lapangan dan 7 pemain di bangku cadangan. Teknik dasar pivot sangat penting dalam permainan bola basket, dimana pemain melakukan pivot agar dapat mempertahankan bola, melakukan gerakan tipuan serta menghindar dari lawan yang berusaha merebut bola. Berdasarakan tes keterampilan teknik dasar bolabasket pada tim bolabasket putri SMPK Mardi Wiyata Kota Malang ditunjikkan dengan hasil tes diantaranya gerakan shooting dengan tingkat kebenaran66,66% dan kesalahan 33,34%, dribble dengan tingkat kebenaran 75,00% dan kesalahan 25,00%, passing dengan tingkat kebenaran 78,13% dan kesalahan 21,87%, pivot tingkat kebenaran 54,69% dan kesalahan 45,31%. Dari hasil tes dapa dilihat bahwa teknik dasar pivot paling rendah diantara tes lainnya. Salah satu cara untuk meningkatkan teknik dasat pivot yaitu dengan memberikan variasi latihan pivot bolabasket.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pivot menggunakan  variasi latihan pivot bagi tim bolabasket putri SMPK Mardi Wiyata Kota Malang yang dilaksanakan di lapangan bolabasket SMPK Mardi Wiyata Kota Malang.

ini merupakan penelitiantindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 peserta pada tim putri bolabasket ekstrakurikuler SMPK Mardi Wiyata Kota Malang. Peneliti tindakan ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan peserta dalam melakukan keterampilan teknik dasar pivot bolabasket setlah dilakukan latihan dengan memberikan variasi laihan teknik dasar pivot bolabasket. Tingkat keberhasilan peserta pada siklus 1 sudah mulai ada peningkatan yaitu sebesar 5,21% setelah diberikan perlakuan, karena peningkatan masih sedikit maka penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Siklus 2, peserta tim putri ektrakurikuler bolabasket SMPK Mardi Wiyata Kota Malang juga meningkat sebesar 21,88% dari siklus pertama, maka dari itu penelitian ini telah mencapai tingkat keberhasilan.

Kesimpulannya adalah dengan menggunakan variasi latihan peseta tim putri ektrakurikuler bolabasket SMPK Mardi Wiyata Kota Malang dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar pivot bolabasket. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti yang lain untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar pivot permainan bolabasket.